Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun depan menyediakan klinik khusus mendeteksi berbagai penyakit tidak menular yang diderita oleh pegawai negeri sipil di instansi itu.

"Klinik ini khusus untuk mendeteksi sejak dini jenis penyakit tidak menular yang diderita pegawai negeri sipil (PNS)," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Khairul Saleh di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, klinik yang dibangun dibelakang kantor Dinas Kesehatan setempat itu memberikan pelayanan pemeriksaan gula darah, kolesterol, tensi, kadar alkohol, amphetamine, atau narkoba, fungsi paru-paru.

Namun, katanya, klinik tersebut sebatas memberikan pelayanan pemeriksaan tahap awal saja. Untuk mengetahui lebih lanjut jenis penyakit tetap harus diperiksa lagi di laboratorium.

"Kalau dalam pemeriksaan nantinya diketahui PNS menderita penyakit berbahaya, disarankan supaya melakukan pengecekan kembali di laboratorium rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat," ujarnya.

Ia mengatakan, yang pasti keberadaan klinik itu dapat memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada PNS untuk rutin melakukan pemeriksaan penyakit yang dialaminya.

Sementara itu, katanya, klinik tersebut rencananya dibuka secara resmi untuk PNS setempat pada awal tahun 2015.

Sedangkan, lanjutnya, klinik itu akan dijalankan oleh petugas di bidang yang khusus memberikan pelayanan pemeriksaan penyakit tidak menular di instansi itu.

"Bidang Farmasi hanya menyediakan tempat saja. Selanjutnya yang menjalankan bidang lain di instansi ini," ujarnya lagi.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014