Mukomuko (Antara) - Ikan Paus seberat sekitar 300 kilogram dengan panjang tiga meter terdampar di pinggir pantai Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Senin.

"Ikan Paus tersebut ditemukan terdampar oleh nelayan pantai indah Mukomuko, Senin pagi, sekitar pukul 07.00 WIB," kata Kabid Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan ikan Paus seberat sekitar 300 kilogram dan panjang tiga meter itu sebelum mati, sempat diselamatkan oleh nelayan setempat dengan cara mendorong ikan Paus itu masuk ke laut.

Namun, lanjutnya, ikan Paus tersebut tidak mau berenang ke tengah laut. Ikan tersebut justru tetap kembali ke pinggir pantai dan pada akhirnya ikan tersebut mati.

"Ikan paus tersebut sekarang sudah mati dan dikuburkan oleh nelayan di pinggir pantai di wilayah ini," ujarnya.

Ia memastikan tidak ada bagian dari tubuh ikan Paus tersebut seperti daging, gigi, dan minyaknya yang diambil oleh nelayan setempat.

Ia menerangkan, selama 2014 baru sekali ini ikan paus terdampar di perairan laut di daerah itu.

Ia menyatakan hingga sekarang instansi itu belum mengetahui penyebab ikan paus tersebut terdampar di pinggir pantai di wilayah itu.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014