Bengkulu,  (Antara) - Gubernur Bengkulu H.Junaidi Hamsyah bersama Forkompimda dan jajaran pemerintahan setempat mengunjungi sejumlah gereja pada malam Natal 2014.

"Tujuan kunjungan tentunya untuk menjaga toleransi antarumat beragama serta meninjau situasi keamanan umat Kristiani dalam beribadah, kita berharap proses kegiatan peribadatan umat Kristiani di provinsi ini bisa berjalan dengan lancar dan kondusif," kata Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah itu.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan dalam pengamanan di sejumlah gereja telah disebar anggota gabungan kepolisian dan aparat TNI serta unsur terkait lainya.

Dalam kunjungan ke beberapa lokasi rumah ibadah umat Kristiani tersebut Gubernur Bengkulu didampingi Kapolda Bengkulu Brigjen Pol M Ghufron, Komandan Korem 041 Gamas Kolonel Inf Muhamad Sudarsono, Lanal Bengkulu, Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu serta pejabat lainnya.

Beberapa gereja yang sempat dikunjungi antara lain

Gereja GKII di kawasan Kelurahan Tebeng, Gereja GMI Gethsemani di Kelurahan Lingkar Barat, serta Gereja Katolik St. Yohanes Penginjil di Kelurahan Citra, semuanya di Kota Bengkulu.

Kunjungan Gubernur Bengkulu beserta pejabat daerah tersebut sempat mengagetkan umat Kristiani yang sedang beribadah karena kujungan tersebut tidak diberitahukan sebelumnya.

Di salah satu gereja, Gubernur Bengkulu diminta untuk memberikan pidato singkat untuk umat Kristiani.

Kapolda Bengkulu Brigjen M Ghufron mengatatakan misa Natal di daerah tersebut berjalan damai dan aman.

"Kegiatan Misa Natal berjalan aman dan kondusif tidak ada gangguan, mudah-mudahan akan terus seperti ini," kata dia.

***3***

Pewarta: oleh yan berlian

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014