Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengajak warga daerah itu meningkatkan konsumsi ikan guna menciptakan generasi muda yang sehat, kuat, dan cerdas.

Penasihat DWP Kabupaten Rejang Lebong Indah Tri Wahyuni Hendra di Rejang Lebong, Senin, mengatakan kegiatan tersebut sebagai positif supaya masyarakat dapat kreatif dalam mengolah ikan menjadi aneka makanan yang disukai anak-anak hingga orang dewasa.

Ia mengatakan hal itu saat membuka lomba masak serba ikan memperingati HUT Ke-143 Kota Curup, Ibu Kota Kabupaten Rejang Lebong, bertempat di halaman Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong.

"Lomba masak serba ikan ini untuk mempercepat gerakan gemar makan ikan dalam masyarakat. Lomba masak serba ikan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan minat masyarakat guna mengonsumsi ikan," kata dia.

Dia menjelaskan ikan sebagai salah sumber protein hewani juga mengandung asam lemak tak jenuh, seperti omega, yodium, selenium, flourida, zat besi, magnesium, zink, dan taurin.

Dia mengharapkan kegiatan ini menciptakan menu kreasi dengan bahan dasar ikan sehingga bisa meningkatkan minat masyarakat dari berbagai kalangan usia agar gemar makan ikan.

Untuk menghasilkan menu dan kreasi masakan serba ikan ini, tambah dia, penilaian dalam lomba ini harus dilakukan secara profesional dan memenuhi kriteria penilaian yang telah ditentukan sehingga menu yang menjadi juara bisa dijadikan rujukan masyarakat.

Pada perlombaan masakan serba ikan yang diikuti 25 kelompok peserta berasal dari berbagai OPD di lingkungan Pemkab Rejang Lebong, keluar sebagai juara pertama Dinas Kesehatan Rejang Lebong, juara kedua Setda Kabupaten Rejang Lebong, dan juara tiga Bappeda Rejang Lebong.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong pada 2022 tingkat konsumsi ikan masyarakat di daerah itu per tahun 10.500 ton, di mana daerah itu baru bisa memenuhi kebutuhan ini 5.300 ton per tahun.

Update Berita Antara Bengkulu di Google News

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023