Mukomuko (Antara) -  Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, akan memberikan honor kepada pelatih di delapan sanggar seni dan budaya pada tahun 2014.

"Baru tahun ini tersedia anggaran sebesar Rp33 juta untuk honor pelatih sanggar seni," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Yulia Reni di Mukomuko, Rabu.

Pada tahun 2013 belum ada anggaran untuk honor pelatih sanggar seni tapi hanya berupa pendataan dan pembinaan delapan sanggar seni yang aktif di daerah itu.  

Yulia mengungkapkan usulan pemberian honor diajukan pada saat kegiatan pembinaan dan usulan itu disetujui oleh DPRD setempat.

Namun Yulia mengatakan belum dapat merinci honor masing-masing pelatih sanggar seni di daerah itu dan menjelaskan bahwa honor pelatih itu tidak besar dan dimaksudkan hanya untuk biaya operasional mereka setiap bulannya.

"Uang itu sebenarnya bukan pula honor tetapi uang tali asih guna memotivasi pelatih untuk lebih bersemangat mengajarkan seni," ujarnya.

Yulia menyebut kesenian yang diajarkan di sanggar seni sebagian besar merupakan seni tari dan musik, termasuk mengajarkan meniup "serunai".

Tenaga pelatih sanggar seni itu masih dibutuhkan untuk mengajarkan siswa SMP hingga SMA meniup serunai karena kesenian menggunakan alat musik asli daerah itu dimasukan dalam muatan lokal di sekolah sekolah di daerah itu.

"Kontribusi pelatih ini sangat besar dalam melestarikan seni tari dan musik khususnya di daerah itu dan umumnya di Provinsi Bengkulu," ujarnya.**4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015