Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar festival kuliner sebagai sarana promosi dan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Dari stand yang tersedia, tercatat 75 pelaku UMKM berasal dari beberapa wilayah kecamatan ikut memeriahkan festival itu," kata Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka sekaligus Ketua Pelaksana, Asep Setiawan di Sungailiat, Rabu.

Dikatakan, festival kuliner digelar selama beberapa hari ke depan selain memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk, kegiatan itu pula bagian dari rangkaian memeriahkan HUT Kota Sungailiat ke - 257.

"Diagendakan malam ini festival kuliner 2023 yang dipusatkan di kawasan perkantoran akan dibuka langsung oleh Bupati Bangka," kata Asep.

Selain dapat membeli dan menikmati beragam jenis kuliner, pengunjung akan dihibur pentas seni, tarian serta hiburan musik.

Festival kuliner 2023, diharapkan mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setelah lesu  karena terdampak sebaran COVID-19 beberapa tahun lalu.

Pemerintah Kabupaten Bangka mendorong peningkatan usaha yang dikembangkan oleh pelaku UMKM seperti memberikan ruang promosi dan pemasaran produk setiap menggelar kegiatan.

Pelaku UMKM sering dilibatkan setiap ada kegiatan di organisasi perangkat daerah, seperti kegiatan kepariwisataan.

Untuk menjamin kelancaran, keamanan dan ketertiban, pihaknya melibatkan personel Satuan Polisi Pamong Praha untuk menjaga dan mengatur kendaraan pengunjung.


 

Pewarta: Kasmono

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023