Sebanyak lima petak bangunan yang berada di jalan Gajah Mada Kecamatan Nanggalo Kota Padang Sumatera Barat hangus terbakar pada Rabu (24/5).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Sutan Hendra di Padang, Rabu mengatakan, kebakaran ini menghanguskan bangunan yang digunakan sebagai rumah kontrakan, satu rumah kosong, rumah makan, toko aki, bengkel las.

“Untuk penyebab kebakaran kami belum mengetahui,” kata dia.

Ia mengatakan, laporan masuk terjadinya kebakaran pada 10.10 WIB dan petugas langsung bergerak dan sampai di lokasi pukul 10.15 WIB.

“Informasi dari saksi melihat api dari atap bengkel las, kemudian saksi melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran,” kata dia.

Ia menyebutkan, pihaknya menurunkan 70 personel dengan enam unit mobil pemadam kebakaran dan penanganan selesai sekitar 40 menit.

Menurut dia, luas areal yang terbakar mencapai 1.000 meter persegi dan bangunan itu dihuni 16 orang atau empat kepala keluarga.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan korban luka. Kerugian materi kami perkirakan sekitar Rp1 miliar,” kata dia.

Dirinya mengimbau masyarakat agar tetap waspada karena cuaca panas ini rentan menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Ketika keluar rumah lebih berhati-hati dan memeriksa semua yang dapat menyebabkan sumber api karena cuaca panas,” kata dia

Kota Padang sendiri masih mengalami cuaca panas dalam beberapa bulan belakangan dan pemerintah kota terus mengimbau warga agar waspada terhadap dampak cuaca panas ini. ***3***

Pewarta: Mario Sofia Nasution

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023