Bengkulu (Antara) - Kelurahan Pasar Bengkulu di pesisir pantai Kota Bengkulu dijadikan sentra wisata kuliner yang menyajikan makanan aneka ikan dan hasil laut lainnya.

"Kami menargetkan kawasan ini jadi sentra kuliner laut di Kota Bengkulu," kata Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Bengkulu Revi Rustiansyah di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan Kelurahan Pasar Bengkulu awalnya dikenal secara umum sebagai tempat perkampungan nelayan.

Banyak nelayan tradisional yang bermukim di kelurahan tersebut dengan pendapatan utama adalah mencari ikan dengan kapal sederhana.

"Kami ingin mengubah citra Pasar Bengkulu yang selama ini dikenal sebagai kampung nelayan menjadi tempat makan khusus menu laut," ucapnya.

Di Kelurahan Pasar Bengkulu mulai berdiri warung makanan yang menyajikan hasil laut seperti ikan, kerang, udang dan lainnya.

Revi yang memulai usaha rumah makan yang menyediakan makanan laut dalam lima tahun terakhir mengatakan bisnis kuliner laut dapat meningkatkan pendapatan keluarganya.

"Kami berharap lebih banyak nelayan yang membuka usaha rumah makan khas pesisir sehingga daerah ini jadi sentra kuliner," tuturnya.

Dalam jangka panjang kata Revi, kawasan itu dapat dijadikan sebagai sentra wisata perkampungan nelayan.

Selain menyediakan kuliner khas pesisir, juga terdapat pembuatan kapal nelayan dan sejumlah warung penjual ikan segar.

"Kawasan ini bisa menjadi kawasan padat karya bila ditata dengan baik," tambahnya.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015