Bengkulu (Antara) - Pengurus Partai Demokrat dan PAN menyatakan diri solid menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Provinsi Bengkulu 2015.

"Kita tetap dengan (koalisi) yang telah dibangun, walaupun Demokrat membuka pendaftaran bakal calon gubernur, tidak berarti kita tidak berkoalisi," kata Ketua DPD Demokrat Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon di Bengkulu, Kamis.

Menurut dia, pihaknya membuka pendaftaran tersebut, guna memberikan peluang kepada tokoh-tokoh daerah yang memiliki kapasitas bisa maju pada Pilkada untuk memimpin Bengkulu selama lima tahun ke depan.

"Kalau PAN belum membuka pendaftaran, kita membuka pendaftaran dan nanti PAN juga, setelah itu, nama-nama calon akan mengerucut kepada beberapa nama, seterusnya diusulkan ke DPP," kata dia.

Setelah, masing-masing parpol tersebut memiliki nama yang mendapat rekomendasi dari DPP, baru tim khusus calon gubernur dari koalisi akan merancang rencana calon yang tepat untuk maju pada persaingan Pilkada.

"Sampai saat ini, sudah ada empat bakal calon yang mendaftar pada kami (Demokrat), tim penjaringan nanti akan melakukan verifikasi untuk menemukan calon berkompeten," katanya.

Sebelumnya, pada 17 Desember 2014, kedua partai tersebut meresmikan koalisi sebagai langkah awal maju pada Pilkada Bengkulu.

"Merunut dari sejarah kita lama, koalisi ini terbilang sukses dan berhasil, bisa dilihat sukses menghantarkan gubernur periode 2010--2015, begitu juga Pilkada Kota Bengkulu dan beberapa kabupaten lain," kata Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu, Helmi Hasan.

Dia mengungkapkan pihaknya bersama Partai Demokrat lebih memilih menyiapkan "perahu" bagi calon gubernur daripada menyiapkan calon, baru membentuk koalisi.

"Sesuai aturan, PAN dan Demokrat tidak bisa mengusung calon sendiri-sendiri, jika kami bergabung, syarat keterwakilan di legislatif tercukupi, setelah itu, baru penentuan calon, jika ada calon di luar kader yang ingin maju, tidak perlu repot mencari dukungan partai, seperti kami sudah, berkoalisi, mereka sudah mendapatkan 'perahu' yang sudah siap berlayar," ujarnya.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015