Milan (Antara/AFP) - Target transfer AC Milan Mattia Destro mencetak gol penyama kedudukan di babak kedua saat timnya bermain imbang 1-1 dengan Palermo, ketika harapan-harapan AS Roma untuk meraih gelar mendapat "pukulan" untuk pekan kedua secara beruntun pada Sabtu (Minggu WIB).

Roma melawat ke Sisilia dengan harapan dapat kembali ke jalur kemenangan setelah hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Lazio pada akhir pekan silam.

Namun gol pembuka yang dibukukan pemain asal Argentina Paulo Dybala membuat Roma tertinggal dari menit kedua, dan diperlukan waktu sepuluh menit setelah turun minum bagi Destro untuk menyamakan kedudukan.

Hasil imbang kelima Roma pada musim ini membuat mereka tetap menduduki peringkat kedua, namun defisit dua angka mereka dari pemuncak klasemen Juventus akan membesar menjadi lima angka jika sang juara bertahan Liga Italia itu meraih kemenangan atas Verona pada Minggu.

Juventus menghancurkan Verona dengan skor 6-1 pada putaran 16 besar Piala Italia di tengah pekan, ketika pasukan Massimiliano Allegri mengistirahatkan duet penyerang Carlos Tevez dan Fernando Llorente sebagai antisipasi pertandingan Liga Italia di akhir pekan.

Dengan kondisi dua gelandang Daniele De Rossi dan Radja Nainggolan diskors dan kapten Francesco Totti dibangku cadangkan karena flu, pelatih Roma Rudi Garcia terpaksa memberi penampilan sejak awal kepada Kevin Strootman, Carlos Paredes, dan Destro.

Palermo memulai pertandingan dengan baik namun mereka mendapat hadiah gol pembukaan, ketika operan bek Davide Astori dapat diintersep Franco Vazquez.

Umpan terobosannya untuk Dybala membuat pemain 21 tahun itu dapat meliuk dan menaklukkan Morgan De Sanctis di tiang dekatnya.   

Itu merupakan gol kedelapan Dybala dari sembilan pertandingan dan gol kesepuluhnya di liga musim ini, yang menggarisbawahi statusnya sebagai target transfer utama untuk sejumlah klub papan atas Liga Utama Inggris.

Palermo nyaris menggandakan keunggulan mereka beberapa menit sebelum turun minum ketika tandukan dari Osvaldo Barreto dari umpan silang Michel Morganella memaksa De Sanctis melakukan penyelamatan penting ke sudut atas kanan gawangnya.

Roma bangkit pada babak kedua, dan sundulan Destro masih melambung di atas gawang dari umpan silang Jose Holebas beberapa menit setelah turun minum.

Upaya Roma terbayar beberapa menit kemudian ketika Destro menggulirkan bola untuk meneruskan sundulan Kevin Strootman dari sisi kanan melewati Stefano Sorrentino yang mengawal gawang Palermo -- gol kelimanya musim ini yang menyudahi puasa gol selama tiga bulan.

Namun Palermo tetap menebar ancaman dan ketika Dybala dijatuhkan Barreto, De Sanctis bergerak untuk memblok, namun ia mengalami terkilir setelah berbenturan dengan bek Mapou Mbiwa-Yanga.

Garcia memasukkan tiga pemain pengganti dalam rentang waktu lima menit untuk mencari gol kemenangan.

Daniele Verde (18) melakukan debut liganya dengan menggantikan Juan Iturbe, sedangkan Totti (38) menggantikan Adem Ljajic, dan Maicon menggantikan Leandro Paredes -- namun Palermo mampu mempertahankan hasil imbang.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Empoli merusak harapan-harapan kualifikasi Liga Champions Inter Milan setelah mereka menahan pasukan Roberto Mancini dengan hasil imbang tanpa gol.

Inter melawat ke Stadion Carlo Castellani dengan tekad mencari kemenangan beruntun kedua untuk pertama kalinya di bawah asuhan Mancini, sejak mantan pelatih Manchester City dan Galatasaray itu kembali ke klub untuk menjalani masa kerja keduanya.

Namun pada akhirnya Tim Biru-Hitam beruntung masih dapat pulang dengan membawa satu angka ketika tuan rumah menegaskan niat mereka dari awal pertandingan, yang memaksa kiper Inter Samir Handanovic melakukan sejumlah penyelamatan penting.

Inter terdampar di peringkat kesembilan dan sekarang terpaut 17 angka dari pemuncak klasemen sekaligus juara bertahan Juventus menjelang pertandingan-pertandingan sisa yang dimainkan pada akhir pekan, sedangkan Empoli tetap berada di peringkat ke-15, unggul empat angka di atas zona degradasi.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015