Mukomuko (Antara) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat sedikitnya 13 titik Jalan Lintas Barat di daerah itu rusak parah.

"13 titik Jalan Lintas Barat (Jalinbar) yang rusak parah itu mulai dari Kecamatan Ipuh hingga Kecamatan Air Dikit," kata Kabid Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Hendra Gusti di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan itu hal itu berdasarkan hasil pendataan dinas itu, bidang cipta karya Dinas Pekerjaan Umum setempat, dan Satuan Lalu Lintas Polres setempat.

Ia menyebutkan, 13 titik Jalinbar yang rusak itu, dua titik terdapat di Desa Pulau Baru, dua titik di Desa Retak Ilir, dua titik di Desa Air Hitam, tiga titik di Desa Tunggang, dua titik di Desa Bunga Tanjung, dan dua titik lagi di Desa Air Dikit.

Menurutnya, sebanyak 13 titik Jalinbar itu rusak parah dengan kondisi berlubang dan lubang di titik jalan tersebut tidak hanya dalam tetapi juga lebar.

Sehingga, menurutnya, di 13 titik jalan ini sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Kalau titik jalan rusak di daerah ini banyak tetapi yang paling parah itu di 13 titik jalan ini," ujarnya lagi.

Ia mengatakan, saat ini instansi itu belum tahu kegiatan yang akan dilakukan untuk menangani sebanyak 13 titik Jalinbar yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat.

Karena, katanya, kewajiban membangun Jalinbar itu pemerintah pusat dan pemerintah provinsi setempat.

"Kita bisa memasang rambu peringatan di 13 titik Jalinbar itu tetapi kami khawatir kegiatan itu tumpang tindih dengan kegiatan provinsi," ujarnya.

Ia mengatakan, sedangkan kegiatan pembelian rambu penunjuk jalan dan peringatan tahun 2015 ini diprioritaskan untuk jalan kabupaten dan jalan kecamatan.

Selanjutnya, katanya, pihaknya akan melaporkan data Jalinbar rusak itu ke pemerintah provinsi setempat agar diperbaiki guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas di daerah ini.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015