Mukomuko (Antara) - Tokoh masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Bodi Rahmad Sentosa memperkirakan di wilayah tersebut akan muncul empat orang bakal calon bupati untuk mengikuti pemilihan kepala daerah mendatang.

"Kalau tidak ada koalisi permanen seperti di pusat, maka akan ada empat bakal calon bupati yang akan maju sebagai peserta pilkada nanti," kata Rahmad di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan, empat orang bakal calon bupati ini, yakni Choirul Huda yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Mukomuko. Pengusaha dari Jakarta Sapuan yang juga warga setempat.

Kemudian, lanjutnya, mantan carateker bupati setempat Ghafri dan Wismen A Razak kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Menurut dia, masyarakat setempat sudah mengetahui sepak terjang empat orang ini, termasuk keinginan mereka untuk maju pada pemilihan kepala daerah mendatang.

Akan tetapi, lanjutnya, peta politik di daerah itu bisa berubah jika gabungan partai politik Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pada Pilkada langsung nanti mengusung calon bupati masing-masing.

"Kalau KMP dan KIH mengusung kandidat masing-masing, calon bupati di daerah itu diperkirakan tiga orang. Dua dari KMP dan KIH serta satu independen," ujarnya.

Terkait sejumlah tokoh pemuda dan partai politik yang juga bermunculan untuk menjadi calon bupati, menurutnya, diduga itu hanya sebatas pencitraan saja.

Karena, lanjutnya, untuk maju sebagai kandidat calon bupati tidak cukup hanya dengan niat saja tetapi juga perlu dukungan semua aspek termasuk salah satunya materi.

"Bohong jika untuk menjadi calon bupati itu tidak mengeluarkan biaya. Jangankan menjadi calon bupati, menjadi legislatif saja, butuh dana besar," ujarnya.

Ditanya bakal calon bupati yang berpeluang menang pada pilkada mendatang, ia memprediksi, Choirul Huda dan Sapuan yang potensial.

Karena, menurutnya, nama Choirul Huda yang juga Wabup Mukomuko itu sudah memiliki jaringan selama menjabat. Sedangkan Sapuan merupakan kandidat mantan calon bupati sebelumnya yang juga memiliki jaringan dan pendukung lama. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015