Rejanglebong (Antara) - Tenaga bidan delima yang dimiliki Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, hingga saat ini baru mencapai 16 orang.

"Hingga saat ini tenaga bidan delima yang dimiliki Kabupaten Rejanglebong sudah ada 16 orang, bidan delima ini merupakan tenaga bidan yang dinyatakan lulus setelah di validasi oleh tim dari unit pelaksana bidan delima atau UPBD," kata pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Rejanglebong, Nunung Tri Mulyanti, di Rejanglebong, Minggu.

Tenaga bidan delima yang dimiliki daerah tersebut kata dia, adalah bidan praktek swasta yang sudah dinyatakan lulus setelah melewati serangkaian proses validasi oleh unit pelaksana bidan delima atau disingkat (UPBD) Kabupaten Rejanglebong, dimana proses validasi itu sudah dilakukan sejak 2013 lalu dan hingga saat ini sudah ada 16 orang yang dinyatakan sebagai bidan delima.

Ke 16 bidan delima yang ada di daerah itu tambah dia, telah dikukuhkan dalam acara Muscab VII IBI cabang Rejanglebong pada 28 Januari 2015, lalu oleh Wakil Bupati Rejanglebong, Syafewi bersamaan pengukuhan pengurus IBI 2015-2020 dan pengesahan AD/ART IBI setempat.

Adapun pengertian bidan delima itu sendiri kata dia, adalah sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring & evaluasi serta kegiatan pembinaan & pelatihan yang rutin dan berkesinambungan.

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015