Ratusan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengikuti bursa kerja atau job fair yang dilaksanakan di daerah itu.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Rejang Lebong Asep Suparman di Rejang Lebong, Senin, mengatakan kegiatan job fair tersebut bekerjasama dengan perusahaan swasta nasional PT Advantage SCM yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Rejang Lebong.

"Hari ini yang ikut job fair sebanyak 172 orang, kalau mereka lolos seluruh tahapan maka mereka akan diterima semua," kata dia.

Asep Suparman yang juga kepala SMKN 1 Rejang Lebong itu menyatakan kegiatan job fair dengan PT Advantage SCM ini yang keempat kalinya, di mana sudah lebih dari 100 lulusan SMK daerah itu yang bekerja di PT Advantage baik yang ada di pusat maupun cabang di Tanah Air.

"ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memfasilitasi lulusan SMKN 1 Rejang Lebong untuk bekerja, karena kita tidak hanya menyiapkan mereka untuk bekerja tetapi juga mencarikan pekerjaan," katanya.

Selain bekerja sama dengan PT Advantage pihaknya juga telah bekerja sama dengan PT Cahaya Pendidikan Internasional yang menyalurkan lulusan SMK di daerah itu untuk mengikuti program Ausbildung ke Jerman.

"Untuk yang dari SMKN 1 Rejang Lebong yang mengikuti program Ausbildung ini sudah ada satu orang, kemudian ada tiga orang menunggu pengurusan kontrak dan visi serta empat orang baru lulus dan masih belajar Bahasa Jerman," tambahnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rejang Lebong Syamsir dalam kesempatan itu menyambut baik kegiatan yang digelar SMKN 1 Rejang Lebong ini sehingga bisa menampung angkatan kerja baru.

Sebelumnya Pemkab Rejang Lebong, kata Syamsir, juga telah menggelar job fair atau bursa kerja dengan melibatkan puluhan perusahaan lokal, regional dan nasional yang mampu menyerap ratusan tenaga kerja asal daerah itu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023