Bengkulu (Antara-IPKB) - Komando Resort Militer 041 Garuda Emas (GAMAS) Bengkulu tahun ini gelar penataran keliling program Keluarga Berencana (KB) bagi Bintara Pembina Desa (BABINSA) di daerah itu.

Komandan Korem 041 Garuda Emas Kolonel Inf. Fajar Budiman, melalui Perwira Seksi Bhakti (Pasi Bhakti) Mayor Inf. Aswin menyampaikan, tarling program KB bagi Babinsa di Bengkulu akan dilaksanakan selama dua bulan sejak awal Maret, 3/3 hingga April 2015. Yang akan digelar ditiap Kodim lingkungan Korem 041 Gamas Bengkulu, kata Aswin.

Penataran program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di lingkungan Korem 041 Gamas akan diikuti sebanyak 250 orang Babinsa. Sebelumnya sejak 2011 Babinsa di daerah ini telah mendapat pelatihan KB sebanyak 350 personel, sehingga antinya Bengkulu memiliki Babinsa yang telah mendapat pelatihan KB mencapai 600 orang.

Sementara jumlah Babinsa di daerah itu mencapai 800 orang lebih, dan yang belum mendapat giliran menimbah pengetahuan tentang program KB dan Pembangunan Keluarga itu akan dilanjutkan kegiatan serupa pada tahun mendatang, sebutya.

Ia menambahkan, penataran yang akan digelar itu merupakan menindaklanjut kesepakatan TNI bersama BKKBN baik tingkat pusat hingga provinsi beberapa tahun lalu. Hal itu sebagai wujud tanggungjawab TNI terhadap pembangunan kependudukan nasional. 

Dengan demikian maka pelaksanaan program nasional di daerah dapat mendukung capaian sasaran yang berdasarkan amanat konstitusi yakni terwujudnya masyarakat yang sejahtera adil dan makmur.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Maryana menyampaikan, untuk mengoptimalkan kerjasama BKKBN dan TNI maka pihaknya menggandeng dan mendorong TNI untuk mewujudkan sasaran tersebut. Dalam penataran yang berlangsung di setiap wilayah Kodim di Bengkulu akan digelar pelayanan bhaki sosial dan penyuluhan tentang kependudukan secara luas, demikian Maryana. (rs)

Pewarta: Oleh Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015