Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini akan meningkatkan kualitas produk industri kecil menengah di daerah itu.

"Tahun ini kita latih industri kecil menengah (IKM) meningkatkan kualitas produknya," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurngubaidi, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, pelatihan bagi IKM itu salah satu cara untuk menjaga kebersihan produknya, prosedur pembuatan, dan standar operasional yang digunakan.

Standar operasional ini, katanya, berupa proses dalam pembuatan produk yang di mulai dari pemilihan bahannya bahkan sebelum membuatnya.

"Pelatihan ini bertujuan agar kualitas produk yang dibuat oleh IKM di daerah ini lebih meningkat sehingga dapat meningkat nilai jualnya," ujarnya.

Selain pelatihan itu, setiap saat instansi itu rutin memberikan pembinaan terhadap perajin agar menjaga dan menambah jumlah produksinya.

Ia mengatakan, instansi itu juga memfasilitasi IKM di daerah itu mempromosikan berbagai produknya di setiap acara pameran yang digelar di tingkat provinsi dan nasional.

"Setiap acara pameran, produk IKM tetap kami promosikan agar dikenali diluar daerah ini," ujarnya.  

Ia menyebutkan, sebanyak 1.020 IKM yang terdaftar di instansi itu dan 1.009 indsutri kecil, dan 11 industri menengah.

"Jumlah tenaga kerja IKM, industri kecil, dan industri menengah di daerah ini sebanyak 3.758 orang," ujarnya. ***3***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015