Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan penbangunan fasilitas gazebo atau tempat istirahat bagi wisatawan di dua objek wisata danau di daerah itu.

"Tahun ini kami usulkan delapan gazebo ke Kementerian Pariwisata," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, fasilitas sebanyak delapan gazebo itu diusulkan dibangun di objek wisata Danau Nibung dan Danau Lebar.

Usulan pembangunan gazebo hanya di dua objek wisata danau di daerah itu, katanya, karena baru dua danau ini sudah ada gambar atau "Master Plane".

Selain itu, lanjutnya, dua danau ini sudah masuk dalam tata ruang wilayah di daerah itu sebagai objek wisata yang akan dikembangkan.

Ia menerangkan, instansi itu mengusulkan anggaran pembangunan fasilitas gazebo ke pemerintah pusat karena anggaran pendapatan dan belanja daerah setempat  untuk fasilitas objek wisata itu terbatas.

Ia mengatakan, dari usulan anggaran pembangunan sebanyak empat gazebo di APBD setempat yang terealisasi hanya satu gazebo.

"Tahun ini kita cuma dapat membangun satu gazebo karena dana APBD 2015 terbatas fasilitas objek wisata," ujarnya lagi.

Selain usulan itu, katanya, instansi itu juga mengusulkan pembangunan satu gudang pariwisata di daerah itu. Gudang ini untuk menyimpangan berbagai macam peralatan pariwisata. Bangunan ini dibangun di lokasi objek wisata. ***3***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015