Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengembangkan literasi dan promosi gemar membaca untuk meningkatkan minat baca warga di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong Zulkarnain Harahap di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan gerakan gemar membaca saat ini penting sekali untuk ditumbuhkan kembali sehingga nantinya akan menambah wawasan serta pengetahuan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong.

"Upaya yang akan kita lakukan ialah dengan mengadakan pemilihan Duta Baca Kabupaten Rejang Lebong guna mengedukasi dan mengajak masyarakat luas agar terlibat aktif dalam kegiatan literasi," kata dia.

Dia menjelaskan, pemilihan Duta Baca Kabupaten Rejang Lebong itu sendiri untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Kabupaten Rejang Lebong yang saat ini masih rendah.

Rendahnya minat baca kalangan masyarakat ini, kata dia, bukan hanya terjadi di Kabupaten Rejang Lebong tetapi di seluruh daerah di Tanah Air, sehingga harus ada upaya-upaya yang dilakukan guna menumbuhkan kembali minat baca di kalangan masyarakat.

Sementara itu kegiatan pemilihan Duta Baca Kabupaten Rejang Lebong yang akan dilaksanakan pihaknya, tambah dia, terbuka untuk umum dengan syarat berusia minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun. Kemudian memiliki KTP Rejang Lebong, buka pengurus parpol, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba.

Sedangkan syarat lainnya memiliki kebiasaan membaca buku aktif atau sumber bacaan lain minimal 2 x 15 menit setiap hari atau 20 halaman per minggu, atau dua judul buku per bulan dalam kurun waktu dua bulan terakhir, serta persyaratan lainnya.

Menurut dia, para pemenang dalam pemilihan duta baca ini selain akan mendapat hadiah uang pembinaan, piagam penghargaan juga akan menjadi perwakilan daerah itu pada pemilihan duta baca pada level yang lebih tinggi.

"Untuk pendaftarannya dilaksanakan mulai tanggal 20 Juni sampai 14 Juli 2023. Kemudian pengumuman hasil seleksi tanggal 18 Juli, dilanjutkan tes wawancara dan pelaksanaan pemilihan duta baca tanggal 1-2 Agustus mendatang," demikian Zulkarnain.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023