Rejanglebong,  (Antara) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyerahkan bantuan 24 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Selasa (3/3).

Penyerahan bantuan alsintan itu sendiri kata menteri pertanian sebagai upaya pemerintah dalam percepatan pencapaian swasembada pangan nasional.

"24 unit alsintan ini merupakan awalnya saja, karena dalam APBN-P 2015 jumlah alsintan yang akan diberikan kepada masyarakat Provinsi Bengkulu jumlahnya mencapai 600 unit," kata Menteri pertanian usai menyerahkan 24 unit alsintan untuk kelompok tani di Rejanglebong yang dipusatkan di Desa Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang.

Penyerahan bantuan alsintan itu kata dia, merupakan bagian dari pemangkasan birokrasi dan mempermudah mekanisme pemberian bantuan untuk petani, dengan melakukan kebijakan penunjukan langsung tidak melalui tender seperti masa-masa sebelumnya baik dalam pengadaan benih, pupuk maupun alsintan.

Selain menyerahkan bantuan alsintan berupa traktor tangan, pompa air, serta mesin pemanen padi kata dia, dirinya juga menyaksikan panen raya padi di Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang, dimana dari hasil panen ini diketahui terjadi peningkatan produksi padi yang dihasilkan dari sawah petani dari 4,2 ton menjadi 8,12 ton GKP (gabah kering panen).

Terjadinya peningkatan hasil produksi padi di daerah itu kata dia, merupakan tanda-tanda yang baik dalam pencapaian swasembada pangan nasional.

Sedangkan untuk penyaluran benih bersubsidi akan dilakukan PT Sang Hyang Sri dan PT Pertani, dan pengawasannya akan dilakukan secara ketat baik oleh Kementan, kemudian provinsi hingga kabupaten dan tim ahli yang dibentuk pemerintah pusat termasuk semua instansi yang ada di daerah.***3***



Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015