Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu memangkas biaya perayaan hari ulang tahun kota itu hingga 70 persen, dari anggaran perayaan tahun sebelumnya.

"Sangat signifikan, banyak pembiayaan yang di pangkas, seperti perlombaan tidak lagi dianggarkan, dan banyak kegiatan inti lainnya juga tidak dianggarkan," kata Kepala Bagian Humas Kota Bengkulu, Salahudin Yahya di Bengkulu, Sabtu.

Hari ulang tahun Kota Bengkulu ke 296 yang akan dirayakan pada 17 Maret 2015, menurut dia akan digelar dengan sangat sederhana.

"Tidak ada lagi hadiah-hadiah seperti tahun lalu, tradisi adat seperti HUT sebelumnya juga tidak seluruhnya akan digelar," kata dia.

Penyusutan anggaran tersebut dikarenakan alokasi dana yang telah disiapkan pihaknya dianggap tidak sesuai aturan setelah berkonsultasi dengan pihak yudikatif.

Seperti tradisi adat merayakan HUT Kota Bengkulu, adanya jamuan "Nasi jambar" yang berarti penguatan silaturrahmi diantara masyarakat bersama pemerintah daerah, kearifan lokal ini terancam ditiadakan pada perayaan HUT.

"Nah itu yang terjadi sekarang, kalau 'Nasi jambar' sudah ditiadakan, tentu akan ada marwah dari HUT ini yang hilang," katanya.

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015