London (Antara/Reuters) - Upaya Manchester City untuk mempertahankan gelar juara mereka mendapat hantaman keras pada Sabtu (Minggu WIB) ketika mereka kalah 0-1 di markas Burnley, yang memberi Chelsea kesempatan untuk membuka keunggulan delapan angka ketika mereka menjamu Southampton pada Minggu.  

Tim peringkat kedua City sekarang hanya meraih tiga kemenangan dari sembilan pertandingan terakhirnya di Liga Utama Inggris, dan tetap tertinggal lima angka di belakang Chelsea yang sekarang memiliki dua pertandingan yang belum dimainkan.

George Boyd mencetak gol semata wayang pada menit ke-61 melalui sepakan setengah voli dari jarak 20 meter, yang bukan hanya menghantam harapan City mempertahankan gelar namun juga memperbesar peluang Burnley menghindari degradasi.

Chelsea memiliki 63 angka dari 27 pertandingan, City 58 angka dari 29 pertandingan sedangkan Arsenal, yang menang 3-0 atas West Ham United di Emirates, tertinggal satu angka dengan 57 angka.

Di sisi lain klasemen, Burnley tetap menduduki posisi tiga terbawah namun kini telah mengumpulkan 25 angka, tertinggal satu angka dari tim peringkat ke-17 Sunderland yang kalah 0-4 dari Aston Villa.

Pelatih Burnley Sean Dichey berkata kepada Sky Sports, "Tekad dan hasrat kami untuk berada di Liga Utama Inggris terlihat jelas, namun kami tidak akan terbuai."

"Kami tahu masih jalan panjang yang harus dilalui -- para pemain harus merasa rendah hati. Kami tidak pernah hancur dari kekalahan -- kami dihantam beberapa kali -- namun kemenangan ini menegaskan kembali kepercayaan diri dan keyakinan kami."

Pelatih City Manuel Pellegrini mengatakan sejumlah hal tidak berjalan dengan baik bagi timnya karena mereka tidak menang.

"Itu merupakan penampilan normal dan saya tidak berpikir mereka bermain sangat buruk," tambahnya. "Kami menciptakan lebih banyak peluang, mereka memiliki satu tembakan ke sasaran dan mendapatkan gol indah."

"Kami tidak cukup berkreasi untuk mencetak gol namun kami sangat tidak beruntun. Tentu saja kami melakukan sesuatu yang keliru ketika kami tidak memenangi sejumlah pertandingan yang biasanya kami lakukan."

"Saya tidak ingin fokus pada dua atau tiga pemain. Kami merupakan tim, skuad berisi 22 pemain, dan saya yakin mereka memberi semaksimal mungkin. Penting untuk tetap percaya pada apa yang mereka lakukan."

Kebangkitan Villa
Ketika City kehilangan ketajamannya, Villa kembali mengecap kesuksesan dan kebangkitan mereka di bawah pelatih baru Tim Sherwood menghasilkan salah satu pertandingan paling menarik di pekan ini.

Kemenangan 4-0 memperbesar harapan-harapan Villa untuk menghindari degradasi sambil memanaskan kursi pelatih Sunderland Gus Poyet.

Tim tamu mencetak keempat gol sebelum turun minum di mana Gabriel Agbonlahor dan Christian Benteke masing-masing mengemas dua gol untuk memberi Sherwood kesempatan untuk berbangga atas mantan rekan setimnya di Tottenham Hotpsur Poyet.

Pelatih Sunderland itu tersenyum kecut saat peluit panjang berbunyi, menatap kepada stadion yang setengah kosong menyusul keluarnya ribuan penggemar tuan rumah sebelum pertandingan usai.

"Kami gembira untuk mendapatkan empat gol dalam satu pertandingan dan untuk para penyerang yang sedikit mendapatkan kkritik pada tahun ini," kata Sherwood yang menduduki posisi tersebut pada bulan lalu menyusul pemecatan Paul Lambert.

"Kami telah memenangi pertandingan saat turun minum maka penting bagi kami untuk tidak menyerah. Masih ada jalan panjang yang harus dilalui, namun kami menggerakkan orang-orang bersama kami."

Arsenal mempererat cengkraman mereka terhadap posisi empat besar, meneruskan laju impresif dengan gol-gol dari Olivier Giroud, Aaron Ramsey, dan Mathieu Flamini saat mereka menaklukkan West Ham.

Leicester City tetap menghuni dasar klasemen setelah bermain imbang 0-0 dengan Hull CIty, yang harus kehilangan Tom Huddlestone pada babak kedua karena diusir keluar lapangan, sedangkan QPR terpaut empat angka dari zona aman setelah takluk 1-3 di markas Crystal Palace.

Satu-satunya titik cerah bagi QPR, yang sekarang telah menelan 13 kekalahan dari 14 pertandingan tandangnya, merupakan kandidat peraih penghargaan gol terbaik musim ini dari Matt Phillips, ketika ia mencetak gol melalui sepakan dari jarak 45 meter.

Pada pertandingan lain yang dimainkan pada Sabtu, West Bromwich Albion menang 1-0 atas Stoke City di The Hawthorns.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015