Bengkulu (Antara-IPKB) - Kelompok remaja, Generasi Berencana (GenRe) binaan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu mendukung penuh kegiatan Forum The Asean-Japang yang berlangsung di Bengkulu,4-7 Maret belum lama ini.

Forum tersebut bertujuan memperkuat orientasi kerjasama pemuda antar negara Asean,  Forum pemuda ASEAN-Jepang merupakan salahsatu upaya untuk perkuat hubungan antar negara ASEAN-Jepang. Melalui forum itu agar pemuda negara-negara itu mampu menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maryana mengatakan, dukungan Generasi berencana (GenRe) BKKBN dalam kegiatan yang diprakarsai sejumlah remaja berprestasi itu dengan menampilkan kesenian dan kebudayaan daerah Bengkulu agar negara-negara Asean dapat mengenal lebih dekat tentang budaya daerah, ujarnya.

Selain itu, GenRe turut serta membantu promosikan pariwisata yang ada dengan memandu kegaiatan kunjungan wisata oleh sejumlah remaja Asean yang tergabung dalam formun tersebut, tambah Maryana.
Dia menambahkan, tujun diadakan forum remaja Asean-Japan dihrap dapat menjadikan inspirasi bagi generasi muda untuk meningkatkan kualitas dalam mendukung pembangunan kependudukan.

Ditempat terpisah, Gubernur Bengkulu Junaidi Khamsya mengatakan, peningkatan partisipasi pemuda untuk menjaga kelanjutan kerjasama ASEAN-Jepang menjadi penting mengingat jumlah kelompok pemuda yang tidak sedikit. Merujuk beberapa data United Nation Youth World Report 2011, popilasi pemuda usia 15-24 di Kawasan Asia mencapai 754 juta orang dan sebesar 60 persen dari 633 juta penduduk ASEAN berusia di bawah 30 tahun. Sementara itu, populasi pemuda Indonesia berusia 16-30 sebanyak 30 persen atau mencapai 60 juta lebih.

Junaidi mengatakan, pada 2015, mulai diberlakukannya ASEAN Community dimana masyarakat wilayah itu dapat memiliki satu visi, satu indentitas dan komunitas. Menurut dia,  Forum pemuda ASEAN-Jepang merupakan salahsatu upaya untuk perkuat hubungan antar negara ASEAN-Jepang.(rs)

Pewarta: Oleh Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015