Bengkulu (Antara) - Sebanyak sembilan orang pelajar di SMA Negeri 1 Pulau Enggano Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu siap mengikuti ujian nasional pada April 2015.

"Ada sembilan orang yang mengikuti ujian nasional tahun ini, semuanya jurusan IPS," kata Wakil Kepala SMA Negeri 1 Pulau Enggano, Budiman Kauno di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan jumlah pelajar SMA yang mengikut ujian nasional (UN) pada 2015 memang jauh lebih sedikit dengan jumlah peserta UN pada 2014 yang mencapai 30 orang.

Seluruh persiapan UN di satu-satunya sekolah tingkat menengah atas di Pulau Enggano itu sudah tuntas.

"Kami tinggal menunggu arahan dari Dinas Pendidikan kabupaten dan provinsi," ujar dia.

Selama ini kata Budiman pelaksanaan UN digelar di SMA Negeri 1 Pulau Enggano dan diawasi langsung oleh tim pemantau dari Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu.

Biasanya kata dia, pengiriman soal UN untuk peserta di Pulau Enggano akan didahulukan.

"Tapi lembar jawaban peserta UN di Enggano justru belakangan masuk di dinas karena transportasi yang harus lewat kapal laut," ujar dia.

Selama ini, Pulau Enggano berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu hanya dapat ditempuh dengan kapal laut dengan waktu tempuh hingga 12 jam.

Namun kini sudah ada penerbangan Kota Bengkulu-Pulau Enggano pulang pergi yang dilayani pesawat milik maskapai Susi Air.***4***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015