Sebuah acara komedi ilmiah yang disiarkan BBC Radio 4 berjudul The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy terkesan hanya sebuah acara hiburan semata pada 1970an. Tetapi, 50 tahun kemudian, salah satu alat di acara ini, Babel Fish menginspirasi perusahaan teknologi Meta membuat gebrakan.

Babel Fish merupakan ikan berwarna kuning yang bisa menerjemahkan berbagai bahasa ke bahasa penggunanya. Ide inilah yang ingin dibuat oleh Meta, perusahaan induk yang memayungi Facebook, Instagram dan WhatsApp.

“Membangun penerjemah bahasa universal, seperti Babel Fish fiksi dalam The Hitchhiker's Guide to the Galaxy, merupakan tantangan karena sistem ucapan-ke-ucapan dan ucapan-ke-teks yang ada hanya mencakup sebagian kecil dari bahasa dunia,” kata Meta di laman resminya, diakses ANTARA News Bengkulu, Rabu (23/8).
 
Meta Artificial Intelligent. (Meta)


Meta menamai penerjemah multibahasa ini sebagai SeamlessM4T. Meta mengklaim pendekatan yang dibuat artificial intelligence (AI atau kecerdasan buatan) dari SeamlessM4T bisa mengurangi kesalahan dan memiliki kualitas terbaik proses penerjemahan.

“Hal ini memungkinkan orang-orang yang berbicara dengan berbeda bahasa bisa berkomunikasi satu sama lain secara efektif,” tulis Meta.

Meta menyebut SeamlessM4T memiliki fitur pengenalan ucapan untuk 100 bahasa. Mesin ini juga bisa menerjemahkan ucapan-ke-teks untuk hampir 100 bahasa masukan dan keluarannya.

“Terjemahan ucapan-ke-ucapan, mendukung hampir 100 bahasa masukan dan 36 bahasa keluaran (termasuk bahasa Inggris). … Terjemahan teks-ke-ucapan mendukung hampir 100 bahasa masukan dan 35 bahasa keluaran (termasuk bahasa Inggris)” tulis mereka.

Untuk mendapatkan kemampuan ini, mesin yang dikembangkan Meta telah menjalani ribuan jam percobaan. Meta menyebut para peneliti yang bekerja telah menyelaraskan 443.000 jam ucapan dengan teks dan menciptakan 29.000 jam penyelarasan ucapan-ke-ucapan.

Cara ini "mengajarkan" Seamless4T menyalin ucapan ke teks, menerjamahkan teks, menghasilkan ucapan dari teks, dan menerjemahkan kata yang diucapkan dalam satu bahasa ke dalam kata-kata bahasa lainnya.

“Kami yakin SeamlessM4T adalah terobosan penting komunitas AI untuk menciptakan sistem multitugas yang universal,” tulis Meta.

Pewarta: Maulana Kautsar

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023