Bengkulu,  (Antara) - Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bengkulu akan mengirim tujuh atlet untuk mengikuti Pra-Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Bandung, Jawa Barat.

"Saat ini sedang seleksi untuk atlet yang akan dikirim ke Pra-PON di Bandung," kata Ketua Harian Pengurus FPTI Provinsi Bengkulu, Usman Gumanti di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan masih cukup waktu untuk seleksi atlet yang akan mengikuti pra-PON yang akan digelar pada September 2015.

Sebanyak tujuh orang atlet kata dia diandalkan untuk meraih tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dilaksanakan di Jawa Barat pada 2016.

Usman mengatakan awalnya jumlah atlet yang akan dikirim ke Pra-PON sebanyak 10 orang,tetapi keterbatasan dana membuat pengurus hanya mengirim tujuh atlet yakni empat putra dan tiga orang putri.

Seleksi atlet tersebut menurutnya dimulai dari seleksi tingkat pengurus cabang di kabupaten dan kota.

"Hasil seleksi tingkat kabupaten dan kota diseleksi di provinsi untuk mendapat tujuh orang atlet terbaik," ucapnya.

Meski anggaran untuk sarana dan pembinaan olahraga panjat tebing dan panjat dinding masih sangat minim, namun FPTI tetap mengoptimalkan pembinaan atlet.

Fasilitas yang dimiliki organisasi pecinta alam di berbagai universitas seperti "wall climbing" di Universitas Dehasen dan Universitas Bengkulu menjadi tempat untuk berlatih.

"Kami belum memiliki sarana panjat tebing atau panjat dinding jadi kami meminjam milik kampus," kata dia.

Ia menambahkan bahwa dari tujuh atlet tersebut, pengurus FPTI menargetkan prestasi dari kelas speed atau kecepatan baik putra dan putri.

***4***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015