Rejanglebong (Antara) - Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan jumlah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang diterima daerah itu Kamis (9/4) lalu mengalami kekurangan 122 amplop.

"Setelah kami cek soal UN tingkat SMA sederajat di Kabupaten Rejanglebong yang kami terima 9 April, saat akan dititipkan ke Polres maupun masing-masing Polsek sebelum didistribusikan ke sekolah yang akan melaksanakan UN diketahui jumlahnya kurang 122 amplop," kata Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Rejanglebong, Ansori di Rejanglebong, Jumat.

Jumlah soal ujian di daerah tersebut yang mengalami kekurangan itu kata dia, terbanyak khususnya untuk peserta UN tingkat SMK, di antaranya SMKN 1 Padang Ulak Tanding, SMK Idhata, dan SMK Muhammadiyah 2 Curup.

Kekurangan jumlah soal UN ini, tambah dia, diketahui setelah petugas memeriksa 83 kardus sola UN yang mereka terima dari Diknas Provinsi Bengkulu, Kamis (9/4), di mana dari petunjuk kertas di masing-masing kardus soal jumlahnya tidak sama dengan yang ada di dalamnya.

Salah satu contoh kurangnya soal ini terlihat di kardus untuk SMKN Padang Ulak Tanding dan SMK Idhata, dipetunjuk kardusnya tertera soal yang tersedia hanya 15 amplop soal yang berisikan soal dan lembar jawab komputer (LJK) padahal seharusnya amplop soal yang berada dalam kardus tersebut berjumlah 30 amplop sesuai dengan jumlah siswanya.

Setelah mengetahui adanya kekurangan jumlah soal ini pihaknya kemudian melakukan pengecekan dengan cara membuka kardus soal tersebut setelah berkoordinasi dengan pihak Polres Rejanglebong, diketahui soal UN yang kurang ini yakni lembaran soal Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris dan Matematika.

Selain kekurangan soal UN untuk kedua sekolah tambah dia, juga terjadi untuk SMK Muhamadiyah 2 Curup. Pihaknya tidak menemukan soal ujian untuk satu jurusan yakni soal ujian produktif administrasi perkantoran untuk 32 siswa.

Untuk itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan panitia UN di Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, dan berjanji akan segera mengirimkan kekurangan jumlah soal ujian di daerah itu.

Sebelumnya soal UN yang diterima Diknas Rejanglebong sebanyak 83 kardus dengan rincian soal UN tingkat SMA/MA sebanyak 41 kardus, kemudian soal SMK sebanyak 16 kardus, sedangkan soal UN susulan untuk SMA/MA dan SMK sebanyak empat dus.

Kemudian soal ujian untuk paket kesetaraan paket-C sebanyak tujuh kardus ditambah satu kardus soal UN susulan, serta dua keping compact disk (CD) berisikan prosedur operasional standar (POS) pelaksanaan UN dan 13 kardus soal ujian kompetensi untuk siswa SMK.

Sedangkan jumlah siswa SMA sederajat yang sudah terdaftar sebagai peserta UN tahun ini kata dia, sebanyak 3.136 siswa, dengan rincian siswa SMA/MA sebanyak 2.052 siswa dan 1.084 siswa berasal dari sekolah SMK.***4***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015