Rejanglebong (Antara) - Komando Distrik Militer 0409 Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, akan membuka jalan baru sepanjang 4,165 kilometer pada 2015 dalam program TNI Manuggal Membangun Desa.

Kegiatan TMMD Kodim 0409 Rejanglebong tersebut dikatakan Komandan Korem (Danrem) 041 Garuda Mas Bengkulu Kol Inf Fajar Budiman saat membuka acara Karya Bhakti TNI Kodim 0409 Rejanglebong di lapangan Makoramil Curup di Kecamatan Selupu Rejang, Senin.

"Selain akan membuka jalan baru sepanjang 4,165 KM, kegiatan TMMD ini juga akan membuat plat deuker sebanyak sembilan unit dan pelapis tebing dengan panjang 50 KM," kata Danrem Fajar Budiman.

Kegiatan TMMD di daerah tersebut kata dia, akan dipusatkan di Kelurahan Cawang Lama, dengan lama kegiatan selama 90 terhitung dari 13 April hingga 11 Juli mendatang. Kegiatan ini melibatkan anggota TNI sebanyak 150 orang dan unsur masyarakat sebanyak 150 orang.

Rencana kerja TNI di daerah itu kata dia, merupakan salah satu tugas TNI selain perang yaitu membantu dalam percepatan pembangunan daerah. Kegiatan itu sendiri cukup bermanfaat dalam rangka membuka akses masyarakat dan mengetaskan ketertinggalan desa.

Dengan adanya kegiatan TTMD tersebut diharapkan nantinya akan membuka isolasi daerah akibat keterbatasan sarana infrastruktur jalan dan jembatan serta infrastruktur penunjang lainnya, sehingga sarana transportasi ini nantinya bisa menyukseskan ketahanan pangan nasional.

Sementara itu Bupati Rejanglebong Suherman dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada anggota TNI di daerah itu, karena selama ini telah membantu pembangunan daerah dengan membuka jalan baru ataupun membuat jembatan penghubung antar desa.

"Sepanjang tahun 2014 lalu pihak Kodim 0409 Rejanglebong telah membuka empat jalan baru yaitu di Desa Taba Renah, Jambu Keling, Kayu Manis dan Tanjung Beringin. Untuk menindaklanjuti kegiatan TMMD itu pada tahun ini kita akan membangun jembatan sepanjang 60 Meter di salahsatu lokasi TMMD yang dilaksanakan tahun 2014 lalu," ujarnya.

Selain itu dia juga berharap kepala daerah 2015-2020 yang akan terpilih nantinya, dapat meningkatkannya menjadi jalan hotmiks sehingga bisa lebih baik lagi dan bertahan lama. Karena masa jabatan dirinya akan segera berakhir pada Agustus 2015 mendatang.

Pantauan dalam acara pembukaan Karya Bhakti TNI Kodim 0409 Rejanglebong juga diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya pelayanan kesehatan gratis, sunatan massal, pelayanan KB, pemberian bantuan sembako, buku dan peralatan sekolah serta penyerahan secara simbolis kartu program keluarga harapan (PKH) dan peresmian bedah rumah dari Kemensos.***3***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015