Bengkulu (Antara) - Sebanyak 81 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di 10 kabupaten/kota Bengkulu melayani pemeriksaan deteksi dini kanker serviks lewat Infeksi Visual Asetat (IVA) secara gratis bagi peserta terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Untuk deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara diberikan gratis bagi peserta BPJS," kata Kepala BPJS Cabang Bengkulu Syaiful di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan selain layanan IVA Puskesmas yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu itu juga melayani pemeriksaan payudara secara klinis atau Clinical Breast Examination (CBE) , sebagian ditangani dokter dan sebagian besar oleh perawat.

Untuk Kota Bengkulu terdapat 10 Puskesmas yang melayani pemeriksaan serviks gratis yakni Puskesmas Ratu Agung, Penurunan, Kuala Lempuing, Sawah Lebar, Betungan, Jalan Gedang, Padang Serai, Sidomulyo, Sukamerindu dan Anggut Atas.

Sementara di Kabupaten Seluma terdapat di Puskesmas Mas Mambang, Cahaya Negeri, Talang Tinggi, Seluma Timur, Babatan, Riak Siabun, Tumbuan dan Rimbo Kedui.

Di Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat di Puskesmas Ujung Karang, Pekik Nyaring, Kembang Seri, Bentiring, Taba Lagan, Karang Tinggi, Sukarami dan Sidodadi.

Selanjutnya di Kabupaten Bengkulu Selatan dapat dilayani di Puskesmas M Thaha, Pasar Manna, Kota Manna, Talang Randai, Masat, Kedurang, Seginim dan Sulau.

Untuk Kabupaten Mukomuko dapat dilayani di Puskesmas Kota Mukomuko, Ipuh, Lubuk Pinang, Retak Mudik, Bantal, Penarik dan Air Manjunto. Kabupaten Kaur di Puskesmas Padang Guci, Bintuhan, Tanjung Kemuning, Kelam Tengah, Naga Rantai, Muara Nasal, Linau dan Tanjung Iman.

Berikutnya di Kabupaten Rejang Lebong dapat dilayani di Puskesmas Tunas Harapan, Curup, Sambirejo, Simpang Nangka, Watas Marga, Kampung Delima, Prumnas, dan Talang Rimbo Lama.  

Sementara di Kabupaten Bengkulu Utara terdapat di Puskesmas Air Lais, Lubuk Durian, Argamakmur, Air Padang, Lais, Hulu Palik, Kemumu dan Suka Makmur.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015