Usai sudah rivalitas antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Berakhirnya rivalitas ini ditandai dengan tak masukknya nama Ronaldo di nominasi Ballon d’Or.

Ballon d’Or merupakan ajang penghargaan sepak bola tahunan. Pemenang dari penghargaan ini ditentukan dari suara para jurnalis yang negaranya masuk ranking 100 FIFA.

Tahun lalu, peraih penghargaan ini yaitu Karim Benzema. Di belakangnya berturut-turut, Sadio Mane dan Kevin De Bruyne.
 
Argentina's captain and forward #10 Lionel Messi, his wife Antonela Roccuzzo and sons Thiago (C) and Ciro pose with the FIFA World Cup Trophy after Argentina won the Qatar 2022 World Cup final football match between Argentina and France at Lusail Stadium in Lusail, north of Doha on December 18, 2022. (Photo by Anne-Christine POUJOULAT / AFP) (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)


Tahun ini, Ballon d’Or kembali mengumumkan nama-nama nominasi peraih penghargaan. Di dalam daftar nama tersebut tak lagi masuk nama penyerang Al-Nassr, Cristiano Ronaldo.

Rival Ronaldo dalam berburu penghargaan, Lionel Messi masih masuk dalam daftar. Namanya bersaing dengan talenta muda semacam Jude Bellingham, Erling Haaland, Saka, dan Vinicius Jr.

Baca juga: Messi cetak dua gol, Inter Miami kalahkan Atalanta United 4-0
Baca juga: Ronaldo masuk daftar skuad Portugal untuk kualifikasi Piala Eropa 2024

Rivalitas Ronaldo dan Messi dalam perhargaan ini dimulai sejak 2007. Meski keduanya tak meraih penghargaan karena dikalahkan pemain timnas Brazil dan AC Milan, Kaka, tahun itu menjadi penanda penting.

Setelah tahun tersebut, nama Messi dan Ronaldo bercokol di tiga besar nominasi. Dari rentang 2008 hingga 2022, nama mereka selalu masuk nominasi.

Baca juga: Messi ungkap masih belum ingin pensiun dari sepak bola
Baca juga: Ronaldo sabet penghargaan pemain terbaik Liga Arab Saudi bulan Agustus

Total selama persaingan tersebut Lionel Messi telah mendapatkan tujuh penghargaan dengan 13 kali nominasi. Sementara itu, Ronaldo mencatatkan lima kali penghargaan.

Jelang laga internasional untuk kualifikasi Euro 2024, Ronaldo mengatakan mengenai berakhirnya rivalitasnya dengan Messi. Dia menyebut perbandingan antara keduanya telah menorehkan sejarah penting.
 
Pemain Riyadh All Star XI Cristiano Ronaldo berebut bola dengan pemain Paris St Germain Sergio Ramos pada laga persahabatan di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/1/2023). Pertandingan Riyadh All Star XI melawan PSG berakhir 4-5. ANTARA FOTO/REUTERS/Ahmed Yosri/rwa.


“Siapa yang menyukai Ronaldo tidak membenci Messi dan sebaliknya. Kami telah berakhir dengan baik, kami mengubah sejarah sepak bola. Kami mendapat penghormatan dari seluruh dunia, itu yang terpenting,” kata Ronaldo, sehari lalu.

Baca juga: Neymar dan ambisi global sepak bola Arab Saudi
Baca juga: Petinggi Liga Arab Saudi: Kami masih akan terus datangkan pemain top

Ronaldo mengakui persaingan dengan Messi secara terbuka. Meski bukan sahabat, kata Ronaldo, secara profesional dia menghormati Messi.

Saat ini Ronaldo dan Messi berpisah jalan. Meninggalkan turnamen sepakbola di Benua Biru.

Messi memilih Liga Amerika Serikat dan bergabung dengan Inter Miami FC. Messi baru saja mencatatkan piala ke 44 selama karirnya.
 
Ilustrasi Ballon d'Or (ANTARA/ddn)


Sementara itu, Ronaldo bergabung dengan klub Liga Arab Saudi, Al-Nassr. Bulan lalu, Ronaldo membantu klubnya meraih Piala Champion Klub Arab. Ronaldo juga mencatatkan rekor pribadi setelah mencetak gol ke gawang Al Hazem.

Baca juga: Ronaldo tutup pintu untuk kembali bermain di Eropa

Gol tersebut membuat catatan gol Ronaldo di karir profesional mencapai 850 gol.

Pewarta: Maulana Kautsar

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023