Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membangun dermaga untuk sandaran sementara kapal nelayan tradisional yang menurunkan hasil tangkapan.

"Hari ini titik nol proyek pembangunan dermaga yang bersumber dari dana silpa sebesar Rp190 juta," kata Kabid Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu sebelum melakukan titik nol bersama kontraktor ke lokasi proyek pembangunan dermaga kapal di perumahan nelayan, Kelurahan Bandar Ratu.

Dermaga itu, katanya, untuk menampung kapal nelayan yang berkapasitas mesin maksimal sebesar lima GT. Namun di wilayah itu mesin kapal nelayan tidak sampai sebesar itu.

Menurutnya, dermaga tersebut untuk seluruh kapal nelayan di daerah itu, namun bukan untuk menetap melainkan sandar sementara sebelum hasil tangkapan ikan dipindahkan.

Ia menerangkan, dermaga itu sangat dibutuhkan oleh nelayan setempat guna memudahkan dalam mendaratkan kapal setelah melaut.

"Nelayan di wilayah itu sudah lama mengusulkan dermaga untuk tempat sandaran kapala tersebut karena selama ini belum ada sandaran yang permanen," ujarnya.***3***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015