Jambi (ANTARA Bengkulu)- Taman bimi di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi mulai dilirik untuk dijadikan tujuan wisata nasional dan dunia karena keindahannya.
 
Keberadaan obyek wisata Taman Bumi(Geopark) di Sungai Batan Merangin itu berpotensi menjadi wisata kelas dunia, kata Kepala Dinas Budpar provinsi Jambi, Didi Wurjanto di Bangko, Jumat.

"Keberadaan potensi wisata Geopark (taman bumi) di Merangin  yang kini terus diperbincangkan di media massa membuat mata dunia makin terbuka akan kabupaten Merangin sebagai salah satu tujuan wisata utama di masa depan," katanya.

Hal tersebut disampaikannya di hadapan 14 anggota tim ahli peneliti dari Badan Geologi Bandung dan Pemkab Merangin di aula kantor Bappeda Kabupaten Merangin.

Dengan demikian Pemkab dan Pemprov harus siap memberdayakan setiap potensi yang dimiliki tersebut dalam sebuah konsep pembangunan kepariwisataan Geopark yang secara menyeluruh bersifat memberdayakan masyarakat, jauh dari orientasi bisnis kapitalis.

Ia menjelaskan, Kabupaten Merangin, selain memiliki Geopark, kawasan tersebut juga merupakan cagar biodiversity bagi TNKS, arti pentingnya menjadi bukti sejarah peradaban bumi (planet) yang bisa dirunut jejaknya oleh para ilmuan dan peneliti serta kaum wisatawan minat khusus, atau wisata studi.

Pengembangan potensi besar tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu pihak geologi saja, namun juga harus dirasakan arti pentingnya oleh bagian-bagian lain seperti arkeologi, biologi, ekologi, konservasi, antropologi, dan lain sebagainya.

Dengan Potensi tersebut Merangin bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat bahkan badan dunia Unesco baik berupa bantuan materil untuk proyek pengembangan maupun dalam bentuk non materil lainnya.(ant)

Pewarta:

Editor : Zulkifli Lubis


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012