Komando Distrik Militer (Kodim) Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan bibit kopi robusta sebanyak 1.000 batang kepada petani di Kabupaten Kepahiang.

Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan bantuan bibit kopi robusta tersebut diberikan kepada petani di Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang yang saat ini tengah melakukan program peremajaan (replanting) tanaman kopi.

"Kita sudah mengirimkan bantuan bibit kopi robusta sebanyak 1.000 batang. Bantuan ini sebagai bentuk keberadaan TNI di tengah masyarakat petani kopi," kata dia.

Dia menjelaskan bantuan yang diberikan melalui kelompok petani kopi di Kecamatan Ujan Mas ini juga sebagai bentuk pendampingan guna meningkatkan hasil produksi kopi petani melalui petugas babinsa.

Bantuan itu sendiri, kata dia, untuk mewujudkan program optimalisasi kopi yang di gagas oleh Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen saat berkunjung ke Kabupaten Kepahiang belum lama ini serta menjadi visi misi Pemkab Kepahiang dalam meningkatkan produksi tanaman kopi.

Pada program pengembangan replanting tanaman kopi milik petani di Kabupaten Kepahiang itu pihaknya bekerja sama dengan perusahaan kopi Kapal Api, di mana lahan yang dijadikan percontohan mencapai 5 hektare.

"Program optimalisasi perkebunan kopi ini nantinya akan memanfaatkan unsur organik sehingga bisa mengembalikan kesuburan tanah dan mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia," terangnya.

Dia berharap peran serta anggota TNI dalam program optimalisasi tanaman kopi di Kabupaten Kepahiang itu dapat membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan meningkatnya hasil produksi kopi yang dihasilkan petani di daerah itu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023