Bengkulu (Antara) - Masyarakat di Kelurahan Pasar Bengkulu Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu mengharapkan verifikasi ulang penerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sehingga upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan tepat sasaran.

"Kami masih menunggu verifikasi di Kelurahan Pasar Bengkulu karena sampai saat ini belum ada pendataan ulang," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pasar Bengkulu, Kota Bengkulu Amir Hamzah di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan sejumlah warga di kelurahan itu sebelumnya mengeluhkan bantuan PSKS yang dinilai tidak tepat sasaran, sebab sejumlah warga miskin tidak tercatat sebagai penerima program.

Karena itu, verifikasi ulang data penerima PSKS diharapkan tepat sasaran dengan berkoordinasi dengan LPM dan Ketua RT di delapan RT di kelurahan tersebut.

"Kalau melalui Ketua RT juga agar benar-benar mendata warga miskin, karena selama ini ada beberapa warga miskin yang layak menerima bantuan tapi tidak terdata," ujar dia.

Ketua Kelompok Nelayan Muda Mandiri Kelurahan Pasar Bengkulu, David mencontohkan empat keluarga di RT 06 dan 03 yang merupakan warga miskin tapi tidak menjadi sasaran PSKS.

"Ada tiga orang janda bernama Rosmaladewi, Hasana dan Mislunawati yang sehari-hari bekerja sebagai buruh cuci pakaian tapi tidak dapat PSKS," katanya.

Sedangkan seorang lainnya bernama Hamdani, seorang nelayan miskin yang harus membiayai sekolah tiga orang anaknya.

David menambahkan bahwa sebagian warga di permukiman padat penduduk itu yang terdaftar sebagai penerima PSKS adalah tergolong keluarga mampu.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Diin Ikhwan menyebutkan bahwa verifikasi ulang data penerima PSKS segera dilakukan menyusul banyaknya keluarga miskin yang tidak masuk sebagai penerima bantuan itu.

"Banyak keluhan yang kami terima dari tingkat masyarakat bahwa banyak keluarga miskin yang belum menerima bantuan ini," kata dia.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015