Guangzhou (Antara) - Indonesia meraih order potensial sebesar 2,4 juta dolar AS dalam pameran ke-117 ekspor-impor "Canton Fair" di Guangzhou, Tiongkok, 15--19 April 2015.

Atase Perdagangan di KBRI Beijing Dandy Satria Iswara kepada Antara, Senin, mengungkapkan dari total order potensial tersebut, hampir 50 persen untuk produk instalasi pemasangan pendingin ruang (PIR Ducting Air conditioner) dari PT Iwika Karya Sejahtera.

Beberapa produk lainnya yang diminati, antara lain beragam jenis lampu (LED, electrical lamp, flourscene lamp), produk coating untuk produk berbahan dasar kayu serta woodand coconut flooring and panel.

Produk instalasi pemasangan pendingin ruang (PIR Ducting Air conditioner) dari PT Iwika Karya Sejahtera sangat menarik minat pengunjung bisnis yang datang.

"Produk ini diminati oleh perusahaan produk pendingin ruangan dari Australia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Singapura. Beberapa buyer dari negara tersebut akan segera melakukan kunjungan ke pabrik perusahaan di Tangerang," ungkap Dandy.

Untuk produk lampu, PT Sinar Angkasa Rungkut (merek Chiyoda) bertemu dengan pembeli potensial dari negara Timur Tengah, seperti Maroko, Arab Saudi, serta negara Afrika (Afrika Selatan dan Nigeria)yang akan ditindaklanjuti seusai pameran dengan produk lampu yang diminati, antara lain LED, flourscent lamp, dan lampu hemat energi.

Partisipasi Indonesia dalam pameran Canton Fair tersebut merupakan salah satu langkah mencapai target ekspor untuk sektor elektronik hingga 2019 oleh Kemendag sebesar 64,2 miliar dolar AS.

Ekspor produk elektronik pada bulan Januari 2015 mencapai 742,9 juta dolar AS, atau menurun 8,55 persen jika dibandingkan dengan produk pada periode sama tahun sebelumnya.

Selain pelaku usaha produk elektronik, pada pameran tersebut juga membawa pelaku usaha dari sektor building material.

Untuk sektor building material, nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok pada tahun 2014 mencapai 40,8 juta dolar AS dan pada  bulan Januari 2015 mencapai angka 2,02 juta dolar AS atau menurun 9,2 persen secara nilai dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Dalam kegiatan Cantor Fair tersebut Indonesia menyertakan sembilan perusahaan terdiri atas satu asosiasi, tiga perusahaan elektronik, dan lima perusahaan building material.

Sembilan perusahaan tersebut adalah Aperlindo (Asosiasi Industri Perlampuan Listrik lndonesia); PT Panggung Elektrik Citrabuana (Modem, Bose Station, Set Top Box); PT Sinar Angkasa Rungkut (Lampu Pijar, Lampu TL, Lighting Furniture, LED); PT Ufoakses Sukses Luarbiasa (Perangkat Poin of Sales, lP PABX); dan PT lwika Karya Selahtera (PIR Ducting Air Conditioner).

Selain itu, terdapat pula CV Bioindustries (Wood Coating and Polish); CV Solution Export (Bathroom Accessories, Wash Basin/Sink, Flooring); Goldencoco (Wall Panel); dan PT Jati Visions Raya (wall Panel, Flooring).

"Canton Fair" merupakan pameran produk ekspor impor terbesar di RRT yang diadakan sejak 1957 dengan 50 area pameran dan diselenggarakan dalam tiga tahap, yakni (15--19 April 2015), (23--27 April 2015), dan (1--5 Mei 2015).

Untuk menyosialisasikan kegiatan tersebut Pemerintah Kota Guangzhou dan China Radio International (CRI) memfasilitasi sekitar 30 wartawan asing untuk datang menyaksikan pameran ekspor impor tersebut.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015