Komandan Distrik Militer (Dandim) 0428/Mukomuko, Bengkulu Letkol Inf Andri Sutarman memastikan TNI mendukung dan membantu Polri dan Penyelenggara Pemilu untuk pengamanan Pemilu 2024 di daerah ini.
 
"Kita mendukung Polri dan Penyelenggara Pemilu mensukseskan Pemilu 2024 dengan menyiagakan anggota Kodim 0428 untuk melakukan 'backup' pengamanan Pemilu 2024," ujarnya.

Baca juga: Satpol PP Mukomuko perjuangkan kenaikan honor anggota linmas
 
Ia mengatakan hal itu usai mengikuti kegiatan simulasi metode pengamanan Pemilu 2024 melalui permainan taktis atau Tactical Floor Game (TFG) di di Aula Mapolres Mukomuko.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Mukomuko Wasri, Sekda Kabupaten Mukomuko Abdiyanto, Ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Kajari Mukomuko Rudi Iskandar, Kepala Pengadilan Negeri, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Mukomuko.
 
Kemudian Camat Kota Mukomuko anggota linmas, Kadis Perhubungan, Kadis Pol PP, Kesbangpol, Danki Brimob Pondok Suguh, Pejabat Utama Polres Mukomuko dan Kapolsek jajaran serta anggota yang terlibat dalam latihan.
 
"Kami dari Kodim 0428 bersama FKPD Mukomuko menyatakan akan bersinergi dengan Polres Mukomuko dalam pelaksanaan pemilu mulai dari tahap awal hingga akhir," ujarnya.

Baca juga: Mukomuko siapkan fasilitas pendukung pasar semimodern Pasar Koto
 
Kemudian, katanya, pihak akan menyiagakan anggota di setiap wilayah tentunya bersinergi dengan anggota Polri dan panitia pemilu lainnya di lapangan.
 
Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto menjelaskan, bahwa Tactical Floor Games(TFG) atau permainan taktis operasional sistem pengamanan kota diadakan dalam rangka kesiapan menghadapi Pemilu 2024.

"TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai," ujarnya.
 
Ia mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.
 
"Tujuan dilaksanakannya kegiatan TFG operasional sispam kota Pemilu 2024 adalah agar personel yang terlibat dalam sispam kota dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peran masing-masing," ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023