Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan, mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk memaknai Hari Lahir Pancasila dengan menjaga persatuan dan kesatuan antarsesama.
 
"Tentu kita maknai Pancasila sesuai ikrar yang disampaikan Ketua DPRD bahwa kita harus saling menjaga persatuan dan kesatuan antarsesama masyarakat," kata Bupati Mukomuko Sapuan pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di Kabupaten Mukomuko, Minggu.
 
Menurut dia, masyarakat agar betul-betul di dalam hubungan satu sama lain menjaga persatuan dan kesatuan yang dimulai dari keluarga terkecil, sehingga ada kedamaian di segala lini di tengah-tengah masyarakat.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto mengatakan pihaknya telah meminta masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang pada 30 September 2023 dan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2023 sebagai upaya memperingati Hari Kesaktian Pancasila.
 
Ia mengatakan pemerintah daerah telah menerbitkan surat edaran (SE) bupati terkait dengan pengibaran bendera Merah Putih pada tanggal 30 September 2023 dan 1 Oktober 2023.
 
"SE bupati tersebut telah kami sebarkan ke seluruh camat, selanjutnya camat yang melanjutkan ke kepala desa untuk diteruskan kepada masyarakatnya masing-masing," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, pihaknya juga telah meminta kepada setiap kantor instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, satuan pendidikan untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada tanggal 30 September 2023 dan 1 Oktober 2023.
 
Ia menyebutkan, bahwa tema peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, yakni "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".
 
Sementara itu, penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila di daerah ini secara luring penuh di satuan pendidikan sesuai pedoman surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor: 32328/MPK.F/TU.02.03/2023 tanggal 15 September 2023.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023