Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu mengatakan, tim Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lingkungan terus melakukan patroli dan sosialisasi kepada warga masyarakat terhadap ancaman kabut asap akibat karhutla.

"Patroli dan sosialisasi terus dilakukan guna memantau, mengawasi dan meminimalkan kemungkinan terjadinya karhutla di wilayah Kota Bengkulu," kata Kepala Pelaksana BPBD Will Hopi di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan dari hasil patroli serta pemantauan di lapangan, sejumlah wilayah di Bengkulu saat ini aman dari karhutla.
 
Meskipun demikian, ia terus mengimbau secara tegas masyarakat untuk menghindari menyalakan api sebagai bentuk antisipasi awal agar terhindar dari bahaya kebakaran.
 
Sementara itu, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bengkulu menyiagakan 54 personil di sembilan kecamatan di wilayah tersebut guna mengantisipasi terjadinya karhutla.
 
Hal tersebut dilakukan, sebab telah tercatat sebanyak 59 kali telah terjadi kebakaran akibat musim kemarau, cuaca ekstrim dan adanya warga yang sengaja membakar lahan atau hutan.
 
"Damkar Kota Bengkulu saat ini siaga dan telah tergabung dalam satgas karhutla yang diketuai oleh kepala BPBD. Dari damkar, dalam menghadapi cuaca ekstrem ini dengan siagakan personil di sembilan kecamatan," sebut kepala Dinas Damkar Kota Bengkulu Yuliansyah.
 
Petugas Damkar Kota Bengkulu juga disiagakan di lokasi yang rentan terjadi kebakaran seperti di lapangan golf, kawasan Pantai Panjang, Taman Wisata Alam di Sungai Hitam, lahan warga di wilayah Betungan dan wilayah Air Sebakul.
 
Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan dan pihaknya akan terus melakukan pengawasan melekat di titik-titik yang memang betul-betul rawan terjadi kebakaran.
 
Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu mendeteksi sebanyak 26 titik panas yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tersebar di Provinsi Bengkulu.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023