Rejanglebong (Antara) - Kawasan Wisata Danau Bermanei di Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu tahun ini akan mendapat peningkatan sarana dan prasarana pendukung yang dibiayai Pemprov setempat.

Menurut keterangan Koordinator Kota Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan (PNPM-MP) Rejanglebong, Daditama, di Rejanglebong, Minggu peningkatan sarana dan prasarana pendukung di kawasan Danau Bermanei tersebut dengan sumber pembiayaan dari Dinas PU Cipta Karya Provinsi Bengkulu sebesar Rp5 miliar.

"Peningkatan sarana dan prasarana wisata di Danau Bermanei Kecamatan Curup Utara ini dilakukan dalam program revitalisasi kawasan wisata di Kabupaten Rejanglebong tahun 2015, dengan pola pembangunan kerja sama antara Pemprov Bengkulu dan PNPM-MP di Rejanglebong," katanya.

Peningkatan sarana dan prasarana yang akan dibangun oleh pihak ketiga tersebut kata dia, diantaranya pekerjaan pembuatan lintasan lari atau jogging track, pencahayaan di kawasan danau serta beberapa fasilitas lainnya seperti gazebo dan gerbang wisata.

Adanya peningkatan sarana dan prasarana itu nantinya akan mendukung program yang sudah digulirkan PNPM-MP Rejanglebong pada 2013 lalu, berupa pembangunan wahana bermain air atau water boom di Kelurahan Tunas Harapan yang posisinya berseberangan jalan.

Dia mengharapkan dengan adanya pembangunan water boom dan peningkatan sarana prasarana Danau Bermanei ini akan meningkatkan jumlah pengunjung wisata yang datang ke Rejanglebong serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat melalui usaha perdagangan maupun usaha jasa lainnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rejanglebong M Suwardi Latif mengatakan, pada tahun ini daerah itu menerima bantuan peningkatan sarana dan prasarana pendukung kawasan wisata berupa pembangunan jalan di lokasi wisata Suban Air Panas dan Danau Bermanei di Kecamatan Curup Utara yang pembangunannya dibiayai Pemprov Bengkulu dengan nilai mencapai Rp10 miliar.

"Tahun ini Rejanglebong menerima program revitalisasi kawasan wisata dari Pemprov Bengkulu sebesar Rp10 miliar, dana ini untuk kegiatan peningkatan sarana dan prasarana di kawasan wisata Suban Air Panas di Kecamatan Curup Timur dan Danau Bermanei di Kecamatan Curup Utara," ujarnya.

Sedangkan rencana program peningkatan dunia kepariwisataan yang sedang mereka susun untuk diajukan dalam R-APBD 2016 baik untuk kabupaten, provinsi maupun pusat, adalah pembangunan sarana pendukung berupa pembangunan shelter, pusat penjualan souvenir, gapura, tambatan perahu di Danau Mas Harun Bestari.***1***

Pewarta: Oleh Nur Muhammad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015