Rejanglebong, (Antara) - Pembukaan festival seni budaya Rejang dalam rangka peringatan HUT ke-135 Kota Curup Kabupaten Rejanglebong yang digelar tanggal 21 Mei-29 Mei berlangsung meriah.
    
Pembukaan festival seni dan budaya Kabupaten Rejanglebong yang dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup, Kamis (21/5) selain dihadiri seluruh kepala SKPD dan FKPD di daerah itu juga dihadiri tamu dari Pemprov Bengkulu maupun para kepala daerah di Provinsi Bengkulu serta tamu dari kabupaten/kota di Provinsi Sumsel.
    
Pembukaan acara festival tahun ini ditandai dengan pawai adat yang diikuti ribuan warga dari 15 kecamatan di Rejanglebong, dengan lokasi dimulai dari Jalan MH Thamrin Kelurahan Air Rambai Kota Curup hingga ke lapangan Setia Negara Curup.

Peserta yang ikut merupakan perwakilan dari 15 Kecamatan, 30 dinas instansi serta sejumlah pelajar dan mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Rejanglebong.
    
Para peserta pawai ini selain menggunakan pakaian adat dan budaya yang ada di Rejanglebong, juga membawa aneka hasil bumi dari masing-masing kecamatan. Rombongan ini setibanya di lapangan Setia Negara langsung disambut oleh Bupati Suherman yang bergelar Rajo Penjenjang Bumei dan Ratu Nyai Peanti Hj Susilawati serta sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya.
    
Pembukaan HUT ke-135 Kota Curup  kali ini ditandai dengan pemukulan kentongan serta pemberian keris pusaka dan cinderamata adat dan dilanjutkan dengan pelepasan sepasang burung merpati oleh bupati dan ketua TP PKK dari halaman panggung utama.
    
Menurut keterangan Bupati Suherman yang bergelar Rajo Penjenjang Bumei, perayaan HUT Curup yang digelar setiap tahunnya itu bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya serta keagamaan yang ada di daerah itu.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan seni budaya dan potensi yang dimiliki Kabupaten Rejanglebong.
    
"Dengan perlombaan seni budaya dan adat serta bidang keagamaan ini diharapkan mampu mempromosikan Kabupaten Rejanglebong dan mempertahankan kelestarian seni budaya daerah yang sudah ada," ujarnya.
    
Sedangkan menurut ketua panitia penyelenggara HUT Kota Curup yang juga Plt Sekkab Rejanglebong Zulkarnain, pelaksanaan perayaan peringatan hari jadi daerah itu pada tahun ini merupakan agenda tahunan daerah yang selalu ramai dikunjungi warga baik dari dalam maupun luar daerah.
    
"Pada perayaan HUT Kota Curup tahun ini terdapat 30 kegiatan yang akan dilaksanakan baik perlombaan bidang kesenian dan budaya, perlombaan dalam bidang keagamaan serta kegiatan lainya. Untuk itu semua pihak diminta untuk ikut berpartisipasi guna menyukseskan acara ini hingga selesai," katanya.
    
Selain menggelar aneka perlombaan pihaknya juga menyediakan 300 unit stan yang menampilkan produk UKM, potensi daerah dari masing-masing SKPD serta penjualan aneka produk pabrikan.
    
Sementara itu pantauan di lapangan pembukaan festival budaya Rejang 2015, selain dihadiri  staf ahli bidang hukum Pemprov Bengkulu, Tarmizi yang bertindak mewakili Gubernur Junaidi Hamsyah,  kemudian ketua DPRD Kota Bengkulu, perwakilan Danlanal Bengkulu dan asisten II Pemkab Musi Rawas Utara, Sumsel. (Adv)

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015