Mukomuko (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, minta kelompok masyarakat pesisir yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu meningkatkan pengawasan potensi kelautan di wilayahnya masing-masing.

"Kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) sudah melakukan pengawasan tetapi perlu ditingkatkan lagi," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Nur Alam, saat ditanya tujuan sosialisasi tentang Pokmaswas, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, sosialisasi tentang Pokmaswas di aula pertemuan instansi itu merupakan kegiatan dari DKP Provinsi Bengkulu.

Sosialisasi ini, lanjutnya, lebih banyak menitikberatkan pada pengawasan yang dilakukan oleh Pokmaswas atau masyarakat pesisir di daerah itu.

Selain itu, lanjutnya, masalah potensi kelautan yang ada dan cara memelihara dan mengembangkan potensi tersebut.

Masyarakat pesisir di daerah itu, lanjutnya, perlu melakukan pengawasan karena potensi kelautan yang ada cukup bagus. Jangan sampai ada yang menganggu habitat dalam laut.

"Dana jangan sampai terumbu karang di perairan laut di daerah kita ini rusak," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan peran Pokmaswas dan kelompok masyarakat pesisir untuk mengawasinya.

Lebih lanjutnya, ia mengatakan, kegiatan sosialisasi ini juga untuk memberikan perhatian penuh demi kelestarian habitat di bawah laut. ***1***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015