London (Antara/Reuters) - Hull City terdegradasi dan Newcastle United sukses bertahan di kompetisi teratas pada hari terakhir Liga Utama Inggris yang berlangsung dramatis pada Minggu, sementara itu West Ham United mengumumkan bahwa kontrak pelatih Sam Allardyce tidak diperbarui di Upton Park.

Ketika lampu sorot bersinar terang di St James Park, di mana Newcastle sukses menjaga status tim peserta kompetisi teratas mereka dengan menang 2-0 atas West Ham United, nuansa yang jauh lebih gelap terdapat di Stadion KC di mana Hull bermain imbang 0-0 dengan Manchester United untuk finis di zona degradasi.

"Kami hanya tidak cukup bagus. Saya pikir pada awal musim, kami telah cukup bagus untuk bertahan di atas, namun kami tidak cukup bagus," kata pelatih Hull Steve Bruce kepada Sky Sports.

"Anda dapat menyodorkan semua alasan: cedera-cedera, skors, namun pada akhirnya kami tidak cukup bagus, dan itu dilimpahkan kepada saya juga di pucuk pimpinan tim."

Di tempat lain, pesta gol didapatkan oleh Stoke City, Leicester City dan Arsenal, yang melakukan pemanasan untuk final Piala FA mereka pekan depan melawan Aston Villa dengan kemenangan 4-1 atas West Bromwich Albion.

Tim juara Chelsea menikmati suasana pesta di Stamford Bridge ketika mereka bangkit dari ketertinggalan untuk menang 3-1 atas Sunderland, di mana Loic Remy mengemas dua gol dan Diego Costa menyumbang satu gol melalui eksekusi penalti, ketika mereka mengakhiri musim dengan kesuksesan besar dan mendapatkan trofi Liga Utama Inggris setelah pertandingan.

Pertandingan terakhir Didier Drogba dengan seragam Chelsea berakhir dengan dirinya dibopong keluar lapangan oleh rekan-rekan setimnya pada babak pertama, ketika para penggemar melakukan 'standing ovation.'

Terdapat akhir yang jauh lebih buruk bagi Steven Gerrard, yang merasakan kekalahan terbesarnya dalam lebih dari 700 pertandingan untuk Liverpool, saat mereka kalah 1-6 di markas Stoke City.

    
Kekalahan terbesar
Fakta bahwa ia mencetak satu-satunya gol hanya merupakan sedikit hiburan ketika Liverpool menelan kekalahan liga terbesar mereka selama 52 tahun.

Frank Lampard menandai penampilan terakhirnya di Liga Utama Inggris dengan mencetak gol pertama Manchester City saat mereka menang 2-0 atas Southampton, ketika juara musim lalu ini mengakhiri musim dengan menduduki peringkat kedua di bawah Chelsea.

Dengan Tottenham Hotspur yang menang 1-0 di markas Everton berkat gol ke-31 Harry Kane di musim ini, Spurs finis di peringkat kelima, Liverpool keenam, dan Southampton ketujuh.

Spurs mengamankan tiket fase grup Liga Europa, Liverpool mengikuti playoff, dan The Saints harus menanti hasil pertandingan final Piala FA untuk melihat apakah mereka dapat berpartisipasi di Eropa.

Jika Villa mampu mengalahkan Arsenal di final, mereka akan memperoleh hak tersebut.

Nasib Hull dikunci oleh kemenangan Newcastle atas Hammers, di mana gol-gol dari Moussa Sissoko dan Jonas Gutierrez mengamankan tiga angka dan keselamatan bagi Newcastle, yang akhirnya menghentikan terjun bebas mereka di klasemen setelah sepuluh pertandingan tanpa kemenangan.

Gol Gutierrez melengkapi dongeng bagi pemain yang didiagnosa menderita kanker testis dua tahun lalu, dan baru kembali ke tim pada awal musim ini.

"Saya berkata kepada para pemain bahwa ini akan menjadi 'roller coaster' selama 90 menit, dan saya pikir kami mengendalikan emosi kami dengan sangat baik," kata pelatih John Carver kepada BBC.

"Kami tahu apa yang terjadi di markas Hull namun kami harus melakukan urusan kami sendiri, kredit kepada Sam Allardyce yang telah menurunkan tim kuat, tidak ada apapun yang diberikan, dan ini merupakan penampilan bagus."

Sementara itu Allardyce menjadi mantan pelatih di West Ham United beberapa menit setelah peluit panjang berbunyi, ketika The Hammers mengeluarkan pernyataan untuk mengonfirmasi bahwa ia tidak akan dipertahankan setelah empat tahun melatih di Upton Park.

"Klub telah mulai mencari pelatih baru setelah memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak Sam Allardyce," kata West Ham.

Arsenal tetap menjadi favorit para petaruh untuk mempertahankan Piala Fa mereka setelah Theo Walcott menyarangkan trigol dan Jack Wilshere juga menyumbang gol saat mereka menang 4-1 atas West Brom, sedangkan Villa kalah 0-1 dari Burnley yang sudah dipastikan terdegradasi.

Mereka turun ke Championship bersama Hull dan Queens Park Rangers, yang musimnya berakhir buruk dengan kekalahan 1-5 di markas Leicester City.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015