Bengkulu (Antara) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiagakan pelayanan selama 24 jam di 40 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) saat arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 2015.

"Ada 40 Puskesmas yang berada di jalur mudik dan balik, semuanya siap memberikan layanan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Amin Kurnia di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan 40 Puskesmas itu berada di jalur utama yang menghubungkan antarkabupaten dan antarprovinsi.

Puskesmas tersebut diwajibkan membuka posko kesehatan dengan menyediakan Unit Gawat Darurat (UGD) yang buka selama 24 jam.

Jalur utama yang dimaksudkan yakni menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Rejanglebong yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu ada pula jalur utama yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Mukomuko yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan jalur utama yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Kaur, perbatasan Provinsi Lampung.

Selain 40 Puskesmas tersebut, pihaknya juga mewajibkan seluruh petugas di Puskesmas perawatan untuk bersiaga.

"Kalau rumah sakit sudah pasti menyiagakan layanan dengan menyiapkan petugas piket," ucapnya.

Amin mengatakan keberadaan posko tersebut untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas di jalur mudik dan balik sehingga dapat ditangani cepat.

Fasilitas pendukung tenaga kesehatan antara lain mobil ambulans tambah dia biasanya dibantu oleh Jasa Raharja.

"Jika tidak tertangani di puskesmas secepatnya akan dirujuk ke rumah sakit," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa selain menyiagakan Puskesmas, pihaknya juga menyediakan posko kesehatan di setiap terminal untuk memeriksa kesehatan para sopir angkutan umum.***4***

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015