Rejanglebong, (Antara) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu, saat ini tengah merekrut 156 petugas pengawas lapangan (PPL) untuk Pemilihan Kepala Daerah setempat.

"Saat ini masih dalam proses penjaringan yang dilakukan oleh 15 Panwascam, dan pada 18 Juni 2015 nanti mereka yang terpilih akan segera dilantik oleh masing-masing Panwascam. Para petugas yang dilantik ini nantinya akan menjalankan tugasnya selama enam bulan terhitung Juli 2015," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Rejanglebong, Dodi Hendra di Rejanglebong, Minggu.

Perekrutan petugas PPL Pilkada tersebut kata dia, berdasarkan ketentuan UU No.8/2015, tentang Pilkada, yaitu untuk menjadi PPL mereka harus berdomisili di masing-masing desa/kelurahan yang dibuktikan dengan KTP. Kemudian telah berumur minimal 25 tahun serta berpendidikan minimal tamatan SMA.

Perekrutan petugas PPL Pilkada serentak di wilayah itu tambah dia, setelah pihaknya menerima instruksi dari Bawaslu Provinsi Bengkulu dengan No.50/Bawaslu Bkl/VI/2015, tentang instruksi pembentukan Panwascam dan pembentukan PPL.

"Para petugas yang akan dijaring ini, per bulannya akan menerima honor berkisar Rp500.000, dengan masa kerja selama enam bulan. Petugas PPL ini nantinya, untuk tugas awal akan mendampingi petugas PPS dalam proses verifikasi faktual calon perseorangan yang akan dilaksanakan pada 23 Juni hingga 6 Juli mendatang," ujarnya.

Diharapkan dengan adanya perekrutan 156 PPL yang bertugas di 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan di daerah itu, nantinya dapat mengawasi jalannya tahapan Pilkada hingga proses pemungutan suara di wilayah kerja masing-masing.

Hal ini tambah dia, penting dilakukan guna memastikan proses tahapan dan pemungutan suara berjalan sesuai dengan baik dan tidak diwarnai adanya kecurangan.

Sementara itu tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Rejanglebong saat ini telah memasuki penyerahan berkas dukungan calon perseorangan ke KPU Rejanglebong terhitung 11-15 Juni.

Pantauan di lapangan sejauh ini sudah ada empat pasangan calon perseorangan yang menyerahkan dukungan masyarakat ke KPU Rejanglebong yakni Anom Chan-Joni Tan, Alrullah-Heri Purwanto, Mardiono-Matseri, M Syafik-Sutisnak, namun untuk berkas dukungan calon terakhir ini dikembalikan KPU karena masih belum lengkap.***2***


Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015