Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengapresiasi kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi serta kabupaten dan kota di daerah itu.

"Semuanya sudah siap, termasuk anggaran yang dibutuhkan oleh KPU untuk melaksanakan pilkada serentak," kata Gubernur saat menyampaikan sambutan dalam rapat koordinasi pemilihan kepala daerah serentak oleh KPU Provinsi Bengkulu di Kota Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan pelaksanaan pilkada serentak akan sukses bila seluruh masyarakat mendukung dan menggunakan hak suara untuk mendapatkan kepala daerah.

Karena itu, gubernur mengajak seluruh masyarakat agar berpartisipasi menggunakan hak politik dan menciptakan pilkada yang berintegritas dan partisipatif.

Sementara Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan pilkada serentak di tingkat provinsi dan delapan kabupaten siap digelar pada 9 Desember 2015.

"Rapat koordinasi ini untuk memantapkan kesiapan semua elemen yang terlibat untuk melaksanakan pilkada serentak," ucapnya.

Dari sisi anggaran kata dia, seluruh pemerintah daerah yang menggelar pilkada serentak sudah menandatangani nota perjanjian hibah daerah.

Tahapan pilkada tambah dia juga sudah dimulai di mana saat ini sudah masuk tahap pendaftaran calon perseorangan atau independen.

"Seluruh KPU sudah menerima penyerahan dukungan para calon perseorangan atau independen dan sedang proses verifikasi," ujarnya.

Selain pilkada gubernur dan wakil gubernur, delapan kepala daerah tingkat kabupaten juga akan digelar yakni di Kabupaten Mukomuko, Lebong, Bengkulu Utara, Rejanglebong, Seluma, Kepahiang, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Sementara Komisioner KPU RI Sigit Pamungkas mengatakan secara nasional kesiapan pilkada serentak sudah masuk tahap konsolidasi seluruh komponen guna meningkatkan partisipasi pemilih.

"Sumber daya manusia, anggaran dan regulasi sudah siap, tinggal lagi konsolidasi seluruh komponen itu untuk menyukseskan pilkada," katanya.

Angka partisipasi pemilih untuk pilkada serentak di 269 daerah pada 9 Desember 2015 kata dia ditargetkan sebesar 78 persen.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015