Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan lebih dari 200 orang mahasiswa asal daerah itu telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong Rezza Pakhlevie di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan program beasiswa mahasiswa berprestasi dari Pemkab Rejang Lebong ini sudah masuk tahun kedua dengan besaran anggaran yang disiapkan dalam APBD Rejang Lebong 2023 sebesar Rp900 juta.

"Untuk tahun 2023 ini anggaran masih sebesar Rp900 juta, saat ini sudah ada lebih dari 200 orang yang mendaftar. Pendaftaran ini dibuka sampai dengan tanggal 25 November nanti," kata dia.

Dia menjelaskan, kalangan mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri ini nantinya akan dilakukan verifikasi dan selanjutnya setelah diverifikasi keputusannya akan ditentukan oleh Bupati Rejang Lebong.

"Penyaluran dananya akan dilakukan secepat mungkin, selesai verifikasi dan selesai dibuatkan SK Bupati Rejang Lebong maka dananya langsung ditransfer ke rekening penerima masing-masing," katanya.

Pendaftaran calon penerima bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi dari Pemkab Rejang Lebong itu sendiri, kata dia, baru dilakukan secara terbuka pada pertengahan November kemarin karena peraturan bupati (perbup) setempat tentang penyaluran beasiswa mahasiswa berprestasi tahun 2023 baru turun.

Menurut dia, dalam peraturan bupati daerah itu ada beberapa kriteria atau persyaratan yang mengalami perubahan dari perbup beasiswa mahasiswa berprestasi tahun sebelumnya.

"Salah satu syaratnya ialah mengenai bukti prestasi mahasiswa calon penerima bantuan, jadi bukan asal diberikan uang saja. Bukti ini baik dari universitasnya serta dari mahasiswa yang bersangkutan," tegas dia.

Program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ini, kata Rezza, merupakan salah satu program unggulan Pemkab Rejang Lebong sesuai dengan visi misi Bupati Syamsul Effendi dan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah pada kampanye Pilkada 2020 lalu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023