Santiago,  (Antara/Reuters) - Chile menyingkirkan juara bertahan Uruguay dari Piala Amerika berkat kemenangan 1-0 pada pertandingan perempat final yang bertempo tinggi, yang berakhir dalam kontroversi dan menjaga peluang tuan rumah untuk meraih gelar perdana pada Rabu (Kamis WIB).

        Uruguay harus bertanding dengan sembilan pemain pada akhir permainan, di mana Edinson Cavani diusir ke luar lapangan pada menit ke-62 karena mendapatkan kartu kuning kedua, dan Jorge Fucile juga diganjar kartu merah karena mendapatkan kartu kuning kedua saat pertandingan tinggal menyisakan dua menit.

        Setelah diusirnya Fucile, pertandingan harus terhenti selama beberapa menit ketika para pemain Uruguay mengerubungi wasit dan ofisial, dan para pemain dari kedua tim bersitegang di lapangan.

        Sang juara bertahan terlihat berada dalam situasi sulit setelah bukti video memperlihatkan bahwa Gonzalo Jara merupakan sosok pertama yang menampar pelan Cavani, dan kemudian menjentikkan jarinya di belakang punggung wasit.

        Ketika Cavani menyentuh wajah Jara dengan sentuhan ringan, ia terjatuh untuk memprovokasi keluarnya kartu kuning kedua untuk penyerang Paris Saint Germain itu.

        "Terdapat rasa pahit di mulut kami," kata pelatih Uruguay Oscar Tabarez kepada para pewarta. "Saya telah melihat televisi dan foto, di mana terdapat kebenaran di sana."
   Mauricio Isla mencetak gol semata wayang pada menit ke-82 ketika melepaskan tembakan dari jarak 13 meter, setelah kiper Uruguay Fernando Muslera menepis dengan pelan suatu umpan silang.

        Tuan rumah Chile, yang mendominasi permainan dengan 80 persen penguasaan bola, belum pernah menjuarai Piala Amerika sejak dibentuknya turnamen itu pada 1916 dan sekarang akan berhadapan dengan pemenang pertandingan Peru-Bolivia pada Kamis.

        "Kami sekarang memiliki pertandingan lain untuk dimainkan, maka saya tidak tahu apakah akan berhadapan dengan Peru atau Bolivia, namun kami masih memiliki mimpi," kata penyerang Alexis Sanchez.

        "Kami berjuang keras dan kami harus berterima kasih kepada para penggemar yang berada di belakang kami sepanjang waktu."
   Pada pertandingan perempat final lainnya, Argentina akan menghadapi Kolombia pada Jumat, dan Brazil bermain melawan Paraguay pada Sabtu.

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015