Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu, merencanakan pembukaan jalan baru sepanjang 3,8 kilometer di wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan rencana pembukaan jalan baru tersebut akan digelar dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2024 mendatang setelah dilakukan rapat bersama dengan Danrem 041 Garuda Mas Bengkulu Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen belum lama ini.

"Program TMMD reguler ke 121 wilayah Kodim 0409/Rejang Lebong tahun 2024 akan dilaksanakan di Desa Belumai 2, Kecamatan Padang Ulak Tanding. Program ini akan membuka jalan baru sepanjang 3,8 KM dengan lebar bahu jalan sepanjang 8 meter," kata dia.

Dia menjelaskan, pembukaan jalan baru ini nantinya akan menghubungkan Desa Belumai 1 dan Desa Belumai 2. Selain itu juga akan dibangun plat duicker, gorong-gorong, bedah rumah, mushala, poskamling dan kegiatan non fisik lainnya. 

Pada pelaksanaan program TMMD ini, kata dia, akan mengedepankan nilai-nilai gotong royong bersama warga, apalagi program itu merupakan kegiatan rutin TNI Angkatan Darat.

Menurut dia, guna mensukseskan program TMMD yang digelar pihaknya bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI namun harus ada pelibatan pemerintah daerah hingga masyarakat setempat.

Sementara itu, untuk membantu Pemkab Rejang Lebong mencegah terjadinya banjir dan membersihkan kawasan Pasar Atas Curup pihaknya akan melaksanakan program pembersihan pasar bersama dengan Pemkab Rejang Lebong dan mahasiswa pencinta lingkungan.

"Program sapu bersih pasar ini, merupakan program TNI AD yang pertama kita lakukan di Kabupaten Rejang Lebong, kegiatan ini akan kita laksanakan pada Jumat besok di kawasan Pasar Atas Curup," jelas dia.

Pada pelaksanaan pembersihan pasar ini Kodim 0409 Rejang Lebong akan menerjunkan sebanyak 100 personel, di mana kegiatan ini selain untuk membersihkan pasar juga mengantisipasi banjir.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023