Komando Distrik Militer 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu melakukan kegiatan penghijauan dan pembersihan lingkungan dalam rangka peringatan HUT Kodam II Sriwijaya di wilayah itu.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf M Renaldy Herbowo di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan karya bakti HUT Kodam II Sriwijaya ke 78 yang mereka lakukan berupa kegiatan pembersihan kawasan Pasar Atas Curup, penanaman pohon dan pembersihan sungai.

"Untuk penanaman pohon dilaksanakan pada hari Jumat kemarin di kawasan Danau Suro, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. Pada kegiatan penghijauan ini ada 250 batang pohon bambang lanang yang kita tanam," kata dia.

Dia menjelaskan, untuk kegiatan penghijauan ini dilakukan pihaknya bersama dengan anggota Polres Kepahiang, dan ASN Pemkab Kepahiang dan pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Sedangkan untuk pembersihan kawasan pasar, kata dia, dilaksanakan di Pasar Atas Curup dengan waktu bersamaan dengan penghijauan di Kepahiang.

Pada kegiatan pembersihan kawasan Pasar Atas Curup ini melibatkan ratusan personel gabungan dari Kodim, Polres, Brimob, Pemkab Rejang Lebong dan DLH Rejang Lebong.

"Kemudian pada hari Sabtu ini tadi, kita melaksanakan pembersihan Sungai Air Sengak Kecamatan Curup, mulai dari belakang gedung GSG Rejang Lebong," kata dia.

Ia mengatakan pada pembersihan Sungai Air Sengak ini petugas gabungan membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai juga semak belukar yang ada di sepanjang sungai tersebut.

Dia berharap dengan adanya kegiatan pembersihan sungai dan pasar yang dilakukan pihaknya itu guna mengantisipasi terjadinya banjir serta penyebaran penyakit, mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023