Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Timur meraih penghargaan sebagai media patner terbaik Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda pada ajang apresiasi insan pemuda dan olahraga Kota Samarinda tahun 2023.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Biro ANTARA Kaltim Imam Santoso bersama para pemenang berbagai kategori lainnya di antaranya pemuda terbaik, atlet terbaik, pemuda kreatif hingga pegawai terbaik di lingkup Pemerintah Kota Samarinda.

Wali Kota Samarinda Andi Harun mengingatkan kepada para peraih penghargaan khususnya untuk para pemuda dan atlet untuk terus berkiprah dan mengejar prestasi yang lebih tinggi.

"Jangan cepat puas dengan prestasi yang diraih saat ini, belajar dan terus berlatih dengan giat, sehingga bisa terus menjadi kebanggaan masyarakat Kota Samarinda," kata Andi Harun pada malam anugerah Insan Pemuda dan Olahraga Kota Samarinda tahun 2023 di Samarinda, Selasa malam.

Andi Harun mengatakan Pemkot Samarinda berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus kepada generasi muda berprestasi.

"Kami juga telah menyiapkan bonus kepada para atlet yang menjadi juara pada berbagai ajang lomba, dengan bonus ini kita harapkan bisa memacu atlet lainnya untuk bisa meraih gelar juara," kata Andi Harun.

Pada kesempatan itu, Andi Harun juga mengingatkan terkait diksi generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan munculnya pemuda terbaik masa depan Indonesia atau biasa disebut dengan istilah bonus demografi, faktanya juga tidak semuanya bisa membawa dampak positif.

Ia menjelaskan dibalik bonus demografi itu juga ada beban demografi dengan fakta masih tingginya persentase masyarakat yang berpendidikan rendah.

"Diksi Indonesia emas tahun 2045 data tingkat lulusan mahasiswa S1, S2 dan S3 dengan angka 10,16 persen, lulusan SMA 30,32 persen, SMP 22, 26 persen. Namun lulusan SD dan tidak berijazah masih dengan tabel tinggi yakni lebih dari 12 persen," jelas Andi Harun.

Oleh sebab itu, lanjut Andi Harun, Pemerintah masih punya tanggung jawab yang besar untuk mendampingi dan membina para pemuda saat ini untuk berkiprah dalam beragam sektor seperti pendidikan, ketrampilan hingga prestasi olahraga sehingga harapan mewujudkan generasi Indonesia emas tahun 2045 bisa direalisasikan.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Samarinda Muslimin mengatakan apresiasi Insan Pemuda dan Olahraga ini merupakan ajang rutin setiap tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi sekaligus motivasi bagi generasi muda di Kota Samarinda untuk terus berkiprah dalam berbagai bidang, seperti olahraga, ketrampilan, seni maupun budaya.

"Setiap tahun nominasi dan pemenangnya selalu berbeda, seperti media patner terbaik saat ini diraih oleh ANTARA dan Tribun Kaltim," jelas Muslimin.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023