Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bengkulu melaporkan kebakaran besar yang melanda puluhan hektare lahan kosong di Kecamatan Muara Bangkahulu. Kepala Damkar, Yuliansyah, mengungkapkan pada Senin bahwa api, yang pertama kali dilaporkan oleh warga setempat, telah menyebar luas, membuat upaya pemadaman menjadi rumit dan memakan waktu.

"Luas lahan yang terbakar ini tidak main-main, kami perkirakan puluhan hektar yang terbakar, selain itu api juga terdeteksi dari tiga titik sehingga tim pemadam kesulitan memadamkan api," kata dia.

Menurut Yuliansyah, api berasal dari tiga titik berbeda, dan lahan yang terbakar meliputi area gambut yang luas dan tebal. Proses pemadaman api masih berlangsung, dengan tim berusaha keras untuk mengatasi api yang belum sepenuhnya padam.

Penyebab pasti kebakaran ini masih dalam penyelidikan. Namun, Damkar terus menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyalakan api dan menghindari risiko kebakaran lebih lanjut.
 
Upaya pemadaman kebakaran lahan kosong. (HO - Damkar Kota Bengkulu)


Lyem Friady, Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Damkar, menambahkan bahwa pihaknya telah menurunkan 12 unit mobil pemadam dan delapan pos untuk mengatasi kebakaran. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kerjasama dan kepercayaan mereka terhadap Damkar dalam menangani situasi ini.

Insiden kebakaran terpisah terjadi di belakang Hotel Vista, Kecamatan Teluk Segara, yang melibatkan tumpukan sampah dekat rumah-rumah warga. Damkar menanggapi dengan menurunkan dua unit pos dan dua unit mobil pemadam.

Damkar mengingatkan masyarakat bahwa mereka dapat melaporkan kejadian kebakaran melalui kontak Damkar Kota Bengkulu di nomor 08117351113 atau WhatsApp 08117308050.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023